Mewaspadai Kemungkinan Efek Samping Spirulina Yang Mungkin Berbahaya

Mewaspadai Efek Samping Spirulina Dari Demam Hingga Kematian


Mewaspadai Efek Samping Spirulina Yang Mungkin Berbahaya

Sebelum Anda berniat menggunakan produk atau suplemen spirulina baik itu sebagai masker ataupun sebagai obat yang diminum, sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu berbagai kemungkinan dari resiko efek samping spirulina.

Sampai saat ini, banyak yang mengenal bahwa spirulina memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Namun disamping itu, banyak juga yang tidak mengetahui bahwa ternyata spirulina yang banyak direkomendasikan ini memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.

Lanjutkan membaca.

Apa itu spirulina ?

Spirulina adalah salah satu bentuk kehidupan tertua di Bumi. Spirulina merupakan makanan super pertama di dunia dan salah satu makanan paling kaya gizi di Bumi.

Bahkan, mikroalga biru-hijau ini sebagian bertanggung jawab untuk memproduksi oksigen di atmosfer planet yang miliaran tahun lalu memungkinkan bentuk kehidupan yang berasal dari planet ini berkembang.

Spirulina adalah mikroalga berbentuk spiral yang tumbuh secara alami di alam liar di danau air tawar yang hangat.

Warna biru kehijauannya adalah warna air yang kehijauan. Spirulina juga dibudidayakan dan dipanen di waduk buatan seperti yang digunakan oleh Nutrex Hawaii, di pantai Kona Hawaii.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa banyak orang primitif di planet ini mengeringkan dan mengkonsumsi spirulina sebagai makanan, atau dengan makanan mereka.

Tumbuh secara alami dan telah digunakan sebagai makanan dari Afrika Utara ke Asia ke Amerika. Spirulina digunakan oleh peradaban kuno Aztec dan digunakan 1.000 tahun yang lalu sebagai makanan oleh suku-suku Afrika Utara.

Berbagai manfaat nutrisi dan gizi yang terdapat pada Spirulina

Spirulina kaya akan protein berkualitas tinggi, yang bisa sangat berguna untuk vegan. Menambahkan satu ons bubuk spirulina (sekitar 3 sendok makan) ke makanan, misalnya akan menambah jumlah protein yang cukup signifikan — sekitar 15 gram, yang akan Anda dapatkan dalam dua jumbo telur atau setengah porsi dada ayam.

Spirulina juga menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan asam lemak esensial. Ini sangat kaya akan beta-karoten dan vitamin K, meskipun jika Anda makan banyak buah dan sayuran, Anda mungkin sudah mendapatkan banyak vitamin ini.

Jenis alga ini juga tinggi zat besi — yang mungkin lebih berguna untuk vegetarian. Meskipun mengandung beberapa vitamin B, spirulina bukanlah sumber vitamin B-12 yang andal.

Meskipun label mungkin menunjukkan tingkat B-12 yang tinggi, penelitian menunjukkan bahwa bentuk B-12 dalam spirulina tidak aktif pada manusia.

Manfaat Kesehatan Potensi Lainnya. Studi dalam tabung reaksi dan hewan percobaan menunjukkan bahwa spirulina dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh – meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan efek yang sama pada manusia, atau yang membandingkan efek spirulina dengan buah atau sayuran yang sama bergizi lainnya.

Ada juga beberapa bukti bahwa spirulina dapat mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam usus.

Dengan kata lain, tampaknya menjadi salah satu dari “prebiotik” yang saya bicarakan dalam pertunjukan baru-baru ini.

Adapun laporan bahwa spirulina dapat mengurangi alergi, menyembuhkan kanker, mengurangi depresi, memperbaiki memori, atau mengobati penyakit jantung atau diabetes, National Institutes of Health menyimpulkan bahwa tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan spirulina untuk kondisi kesehatan tertentu.


Meskipun spirulina memang memiliki segudang khasiat baik, namun ini tentu tidak menutup kemungkinan bahwa spirulina juga memiliki sejumlah dampak, resiko, efek samping akibat dan bahaya spirulina yang penting sekali Anda perhatikan.

Mewaspadai Efek Samping Spirulina Yang Mungkin Berbahaya

Mewaspadai Efek Samping Spirulina Yang Mungkin Berbahaya

Laman livestrong.com mencatat bahwa spirulina tampaknya aman, bahkan pada dosis tinggi, menurut University of Maryland Medical Center. Walaupun pada beberapa orang mungkin dapat mengalami efek samping seperti sakit kepala, berkeringat, mual, kesulitan berkonsentrasi dan kemerahan pada wajah.

Hindari spirulina jika Anda memiliki penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis, rheumatoid arthritis atau lupus, karena dapat menstimulasi sistem kekebalan Anda, membuat kondisi Anda lebih buruk.

Lebih lanjut lagi, laman healthiest.io juga menjelaskan bahwa produk spirulina umumnya dianggap aman, tetapi kualitas jauh lebih penting.

Jika spirulina ditanam dalam kondisi tidak aman, ia mungkin mengandung mikrosinin tingkat tinggi, yang sangat beracun bagi hati. Oleh karena itu, penting memperhatikan dan mencari informasi suplemen spirulina sebelum membeli dan mengkonsumsi.

Siapa yang tidak disarankan mengkonsumsi spirulina ?

Seseorang yang menderita asam urat dan batu ginjal sebaiknya tidak menggunakan Spirulina. Karena efeknya dapat menciptakan asam urat ketika dimetabolisme, itu dapat menyebabkan serangan asam urat atau batu ginjal bagi mereka yang rentan. Akumulasi asam urat dalam tubuh dapat sangat merugikan seseorang yang sudah berisiko.

Spirulina juga tidak ideal untuk Anda yang memiliki penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis, lupus, dan rheumatoid arthritis. Ini dapat melemahkan efek imunosupresan, yang digunakan untuk mengobati penyakit autoimun.

Orang yang menggunakan antikoagulan seharusnya tidak minum Spirulina tanpa berbicara dengan dokter mereka terlebih dahulu.

Suplemen spirulina juga tidak boleh diambil dengan suplemen herbal yang memperlambat pembekuan darah, karena itu benar-benar dapat meningkatkan risiko pendarahan seseorang.

Terakhir, mereka yang memiliki penyakit phenylketonuria atau PKU, sebaiknya tidak menggunakan Spirulina. Seseorang dengan kondisi ini tidak dapat memetabolisme fenilalanin.

Spirulina sebenarnya mengandung fenilalanin sehingga mengkonsumsi itu akan memperberat gejala penyakit.

Kemungkinan potensi efek samping spirulina lainnya

Mewaspadai Efek Samping Spirulina Yang Mungkin Berbahaya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, spirulina memang dianggap sebagai makanan super sehat, namun ia juga dapat memiliki beberapa efek samping yang mengancam jiwa.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menemukan suplemen spirulina yang aman dan berkualitas baik. Efek samping spirulina yang tercantum di bawah ini dapat dihindari dengan menggunakan spirulina yang tidak terkontaminasi dengan logam berat, bakteri jahat, dan microcystins.

Masalah di balik signifikansi laten efek samping Spirulina pertama kali muncul pada tahun 1999, dengan peringatan dari Canadian Health Protection Branch bahwa produk Spirulina kemungkinan mengandung kadar toksin mikrokista yang jelas berbahaya.

Racun ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius ketika dikonsumsi dalam dosis besar. Mereka menemukan bahwa produk yang terbuat dari ganggang hijau-hijau yang dipanen di alam liar, mengandung kadar microcystins yang berada di atas batas asupan harian yang direkomendasikan.

Jika Anda membeli Spirulina yang terkontaminasi, Anda berisiko berikut :

  • Demam

Karena metabolisme Anda dapat ditingkatkan setelah mengonsumsi Spirulina, ada potensi bahwa Anda mungkin mengalami gejala demam ringan saat suhu tubuh Anda sedikit meningkat.

  • Keram perut
  • Mual dan muntah
  • Kerusakan hati
  • Detak jantung cepat
  • Kulit gatal, ruam dan jerawat

Gejala lain dari kemampuan pembersihan usus spirulina adalah bahwa ketika racun dihilangkan, mereka dapat menyebabkan masalah pada permukaan kulit, yang menyebabkan jerawat, ruam, kemerahan dan gatal-gatal ringan. Ini hanya sementara, sebagai akibat dari usus besar Anda memerah racun dan limbah. Dalam jangka panjang, mengambil Spirulina dapat membersihkan kulit Anda.

  • Kelelahan

Efek samping spirulina ini hanya sementara. Anda mungkin mengalami ini karena usus Anda dibersihkan. Biasanya efek samping kelelahan ini hanya sebentar, tetapi jika tidak, disarankan agar Anda berhenti mengambil produk atau bisa berkonsultasi dengan dokter.

  • Haus
  • Syok
  • Kematian

Bagaimana cara memilih spirulina yang aman tanpa efek samping ?

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli suplemen spirulina adalah mencari merek yang mapan dan terpercaya yang memberi Anda informasi yang relevan tentang produksi dan kualitas dan keamanan untuk mengurangi risiko efek buruk.

Dapatkan produk suplemen spirulina langsung dari website Manfaatspirulina.web.id, terjamin keamanannya karena telah terdaftar di BPOM RI.

N.B : Selalu berkonsultasi dengan dokter ketika Anda akan mengkonsumsi berbagai jenis obat atau suplemen termasuk suplemen spirulina.

Sumber :

  • https://www.superfood-world.com/blogs/news/the-side-effects-of-spirulina
  • http://www.spirulinareviews.com/spirulina-side-effects/

Baca juga artikel lainnya :

1001 Manfaat Masker Spirulina Untuk Wajah Yang Berjerawat, Bopeng, Kering & Flek Hitam

Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya

Posted by Apa Saja Khasiat & Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Mewaspadai Efek Samping Spirulina Yang Mungkin Berbahaya

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *