Habitat Spirulina, Dimanakah Ganggang Spirulina Biasa Tumbuh ?

Habitat Spirulina, Dimanakah Ganggang Spirulina Biasa Tumbuh ?


Habitat Spirulina, Dimanakah Ganggang Spirulina Biasa Tumbuh ?

Anda termasuk pengguna spirulina ? Ya ?

Pernahkah Anda berpikir dimanakah habitat ganggang alga spirulina tumbuh ? Di laut kah ? Danau ? Sungai ? Atau ?

Daripada pusing, silahkan lanjutkan membaca

Tahukah Anda ?

Nama spirulina berasal dari bahasa Latin yaitu helix atau spiral yang menunjukkan konfigurasi fisik dari organisme ketika membentuk berputar dan untaian mikroskopis.

Spirulina adalah ganggang biru-hijau yang juga dikenal sebagai cyanobacteria, yang tumbuh dengan cepat melalui fotosintesis dan mengubah gas rumah kaca menjadi nutrisi, protein, serta oksigen.

Organisme bersel satu ini tumbuh di air yang sangat basa dan hanya terjadi secara alami di beberapa tempat di planet ini. Air yang terus menerus antara 30 – 39 derajat Celcius, yang menerima sinar matahari langsung dan intens, dan dengan alkalinitas tinggi jarang terjadi.

Karena preferensi habitatnya yang unik, Spirulina dapat dibudidayakan di lingkungan yang bebas dari ganggang dan bakteri berbahaya yang mencemari yang tumbuh di air yang lebih netral dengan pH lebih rendah.

Gambar spirulina

Habitat Spirulina, Dimanakah Ganggang Spirulina Biasa Tumbuh ?
Sumber gambar : https://healthymamichibi.wordpress.com/spirulina/

Spirulina bisa berbentuk batang atau cakram. Pigmen fotosintetik utama mereka adalah phycocyanin, yang berwarna biru. Bakteri ini juga mengandung klorofil a dan karotenoid.

Beberapa mengandung phycoythrin pigmen, memberikan bakteri warna merah atau merah muda. Spirulina juga memiliki vesikel gas, memberi mereka bouyancy di lingkungan akuatik yang mereka huni.

Alga hijau ini bersifat fotosintesis, dan karena itu autotrofik. Spirulina berkembang biak dengan pembelahan biner.

Spirluina termasuk organisme air yang biasanya menghuni danau alkali air tawar. Namun, ada spesies laut juga. Mereka bersifat mesofilik, dan mampu bertahan dalam berbagai suhu. Beberapa spesies spirulina bahkan ditemukan di mata air panas.

Habitat spirulina

Habitat Spirulina, Dimanakah Ganggang Spirulina Biasa Tumbuh ?

Habitat spirulina awalnya ialah organisme yang berasal dari danau afrika dan amerika trofis yang telah menyebar ke wilayah lainnya di dunia dengan menggunakan kemampuannya untuk beradaptasi di tempat-tempat dimana organisme lain tidak basa seperti danau yang sangat asin atau alkali.

Warna mereka berasal dari pigmen hijau klorofil, dan biru dari protein yang disebut phycocyanin. Spesies yang paling sering direkomendasikan untuk digunakan sebagai suplemen nutrisi adalah spirulina maxima dan spirulina platensis.

Meskipun mereka tidak memiliki kloroplas yang terorganisir, peralatan fotosintesis mereka sangat mirip dalam hal fungsional, struktural, dan molekuler dengan tumbuhan dan alga yang lebih tinggi, dengan pengecualian kompleks pemanenan cahaya mereka, yang terdiri dari kromophor phycobilline.

Cyanobacteria umum di tanah dan di air asin maupun air tawar dan dapat tumbuh di berbagai suhu. Dalam kondisi yang tepat (termasuk polusi oleh limbah nitrogen) mereka dapat dengan cepat berproliferasi, membentuk tikar mengambang padat, yang disebut scums yang biasanya berwarna hijau buram.

Ganggang hijau spirulina termasuk sekitar 2.000 spesies dalam 150 genus, dengan berbagai bentuk dan ukuran. Cyanobacteria memiliki berbagai jenis sel, struktur seluler, dan strategi fisiologis yang berkontribusi terhadap keberhasilan ekologi mereka di plankton, metaphyton, atau periphyton.

Mereka memiliki minat khusus untuk manajer kualitas air karena banyak menghasilkan senyawa rasa dan bau, beberapa jenis racun, dan mekar berbahaya.

Banyak cyanobacteria terjadi di habitat ekstrim, seperti sumber air panas (hingga sekitar 70 ° C), danau hipersalin, dan gurun panas dan dingin.

Apabila dilihat dari kandungannya, spirulina mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin B, beta-karoten, asam gamma-linolenat, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, potasium, selenium, seng, bioflavonoid dan protein.

Manfaat spirulina

Manfaat spirulina telah digunakan sebagai sumber protein dan nutrisi terutama beta-karoten. Selain berfungsi sebagai sumber nutrisi, spirulina telah digunakan dalam pembuatan produk susu fermentasi untuk menjamin kelangsungan hidup bakteri yang digunakan untuk memfermentasi susu.

Baca juga : Apa saja efek samping dari spirulina ?

Sumber :

  • https://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Spirulina
  • https://www.encyclopedia.com/sports-and-everyday-life/food-and-drink/food-and-cooking/spirulina

Baca juga artikel lainnya :

Apa Itu Spirulina ? Mengenal Pengertian Alga Spirulina Lebih Jauh

Posted by Manfaatspirulina.web.id | Khasiat Spirulina | Manfaat Spirulina

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *