Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya

Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya


Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya
Kandungan spirulina

Tentunya, sebelum Anda berniat menggunakan spirulina sebagai masker atau sebagai obat, ada baiknya Anda mengetahui apa saja sebenarnya kandungan dari spirulina, mengapa bisa dikatakan sebagai salah satu makanan super oleh PBB ?

Penasaran ?

So, let’s check it out

Tidak hanya banyak direkomendasikan sebagai masker wajah untuk mengatasi wajah berjerawat, berminyak, bopeng dan kering, spirulina juga diketahui memiliki segudang khasiat baik lainnya yang dapat dijadikan sebagai pencegahan hingga pengobatan segala jenis penyakit.

Keajaiban akan spirulina ini telah tercium setidaknya 700 tahun (dan mungkin lebih dari 1.200 tahun). Bahkan, PBB menyatakan bahwa spirulina adalah “makanan terbaik untuk masa depan” pada Konferensi Kesehatan Dunia pada tahun 1974.

Laman algorigin.com bahkan menyebutkan bahwa spirulina ini muncul di Bumi 3,5 miliar tahun yang lalu. Ditemukan di semua benua tidak hanya di Antartika saja, mikroalga biru-hijau ini terdiri dari 1.500 spesies yang berbeda, 36 diantaranya dapat dimakan.

Jejak spirulina dalam keadaan alamiahnya dapat ditemukan di lokasi antara 35 ° LU sampai 35 ° S. Spirulina bahkan dapat ditemukan di Gurun Sinai – di mana hanya beberapa tetes air yang cukup untuk tumbuh.

Tumbuhan alga biru hijau menyediakan berbagai manfaat kesehatan. Makanan super ini dapat memberikan dorongan instan instan untuk energi seseorang, sambil membantu meningkatkan daya tahan dan mengurangi kelelahan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan dukungan luar biasa untuk jantung, hati, dan ginjal.

Alga hijau spirulina juga merupakan detoksifier alami, oksigenasi darah, dan membantu membersihkan tubuh dari racun dan kotoran lain yang mungkin menyebabkan penyakit atau komplikasi kesehatan lainnya.

Tidak hanya itu, spirulina juga memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat dan membantu menyeimbangkan pH tubuh, sehingga mengurangi peradangan di seluruh tubuh dengan cara yang aman dan bebas bahan kimia. Oleh karena hal tersebut, itulah sebabnya mengapa spirulina ini dikategorikan sebagai makanan terbaik oleh PBB dan WHO.

Mengungkap berbagai kandungan dan komposisi yang terdapat pada spirulina

Spirulina kering diketahui mengandung 59% – 65% persen protein yang sangat mengesankan bila dibandingkan dengan kedelai kering pada 40 persen, lentil pada 26 persen dan kacang pada 25 persen.

Dengan hanya 36 kkal kalori per 10 gram serbuk kering, Spirulina adalah sumber protein yang sangat baik tanpa kalori kosong.

Laman livespira.com mencatat bahwa spirulina adalah salah satu makanan paling bergizi di planet yang mengandung protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan fitonutrien.

Asam protein dan amino

Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya

  • Mengandung protein 65-75%, dan semua 9 asam amino esensial, yang membuat spirulina salah satu dari beberapa protein tumbuhan lengkap.

Protein sangat penting untuk menjalani kehidupan yang sehat dan vital dengan tubuh yang menjalankan semua fungsinya pada tingkat yang tinggi. Bahkan, nutrisi ini merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh manusia dan inilah mengapa sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung protein.

Tubuh menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki otot dan jaringan lain. Protein dipecah menjadi asam amino, yang merupakan komponen penting dalam enzim dan hormon. Protein juga merupakan bagian integral dari tulang, tulang rawan, darah, dan kulit.

Tanpa jumlah protein yang cukup, tubuh manusia tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Lebih lanjut, protein yang terkandung dalam Spirulina adalah protein sempurna, yang berarti mengandung semua asam amino esensial. Spirulina memasok sepuluh dari dua belas asam amino non-esensial.


  • Dibandingkan dengan daging lain dan persentase protein mereka, ayam memiliki ~ 25%, daging sapi memiliki ~ 22% dan tahu memiliki ~ 10%.

Spirulina memiliki lebih dari dua kali lipat jumlah protein dalam ayam dan hampir tiga kali lipat dari daging sapi.

Vitamin dan mineral pada spirulina

Spirulina mengandung 13 vitamin dan 8 mineral, yang lebih dari beberapa buah dan sayuran. Tidak semua vitamin spirulina memiliki nilai yang sama tetapi yang paling melimpah adalah :


  • Beta-karoten (A)

Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya

β-karoten (beta-karoten) paling dikenal karena pigmen merah-jingga yang ditemukan dalam wortel. Dan tahukah Anda bahwa National Cancer Institute of Amerika Serikat telah merekomendasikan konsumsi 6 mg beta-karoten setiap hari untuk mengurangi risiko kanker.

Dalam 4 gram, setengah sendok makan Spirulina kering, Anda akan mengonsumsi 6 mg, atau jumlah beta karoten yang direkomendasikan harian Anda. (sumber FAO hal. 7). Setengah cangkir spirulina berisi 171 mikrogram vitamin A dan 342 mikrogram beta karoten. Secara bersama, ini menambah lebih dari setengah asupan harian vitamin A untuk pria dan wanita.


  • Tiamin (B1)

Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya

Satu sendok makan spirulina kering menyediakan 0,17 mg vitamin B-1, atau tiamin. Untuk memenuhi kebutuhan akan B-1, Anda bisa mengkonsumsi suplemen spirulina, Anda perlu mengambil sekitar 5 sendok makan untuk kebutuhan dasar.

Vitamin B1, vitamin spirulina ini berkontribusi untuk meningkatkan konsentrasi dan perhatian, membantu memperkuat sistem muskuloskeletal dan fungsi normal dari sistem saraf dan otak.


  • Riboflavin (B2)

Kandungan Spirulina : Mengupas Berbagai Kandungan & Komposisi Spirulina Beserta Manfaatnya

Riboflavin ditemukan dalam berbagai macam makanan termasuk salah satunya spirulina. Vitamin B2 , juga disebut Riboflavin , adalah vitamin penting yang juga bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Vitamin B2 bertanggung jawab untuk menjaga sel-sel darah yang sehat, membantu meningkatkan tingkat energi, memfasilitasi dalam metabolisme yang sehat, mencegah kerusakan radikal bebas, berkontribusi terhadap pertumbuhan, melindungi kesehatan kulit dan mata, dan bahkan lebih.

“Riboflavin juga digunakan untuk pengembangan dan fungsi kulit, lapisan saluran pencernaan, sel-sel darah dan organ vital lainnya,” Dr. Sherry Ross, ahli kesehatan wanita di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California.


  • Niasin (B3)

Kandungan Spirulina

Vitamin B3 yang juga disebut sebagai niacin pada komposisi spirulina adalah salah satu dari delapan vitamin B-kompleks yang larut dalam air. Niasin memiliki berbagai kegunaan dalam tubuh, membantu fungsi dalam sistem pencernaan, kulit dan sistem saraf.

Seperti vitamin B lainnya, niacin membantu tubuh memecah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi, menurut University of Maryland Medical Center.

Selain itu, ia berperan dalam fungsi kelenjar dan hati. “Niacin memiliki peran dalam memproduksi hormon tertentu di kelenjar adrenal dan membantu mengeluarkan bahan kimia berbahaya dari hati,” kata Dr. Sherry Ross, ahli kesehatan wanita di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, kepada Live Science.


  • Asam pantotenat (B5)

Seperti semua vitamin B kompleks, B5 membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. B5 secara alami ditemukan di banyak sumber makanan, termasuk pada spirulina.

Vitamin B5 memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Ini ditemukan dalam sel hidup sebagai koenzim A (CoA), yang sangat penting untuk berbagai reaksi kimia, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Vitamin dan Hormon.

Vitamin B mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang merupakan bahan bakar yang menghasilkan energi. Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B juga membantu tubuh menggunakan lemak dan protein dan juga penting untuk menjaga sistem saraf yang sehat, mata, kulit, rambut dan hati.


  • B6 ( pyridoxine )

Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai pyridoxine adalah salah satu vitamin yang termasuk dalam keluarga vitamin B kompleks . Semua vitamin B, termasuk vitamin B6, memainkan peran penting dalam berbagai fungsi fisik dan psikologis.

Vitamin B6 memiliki beberapa turunan, termasuk pyridoxal, pyridoxal 5-phosphate dan pyridoxamine. Ini semua adalah senyawa penting yang terlibat dalam berbagai fungsi biologis.

Vitamin B6 digunakan oleh tubuh setiap hari karena ia berperan dalam fungsi utama seperti gerakan, memori, pengeluaran energi dan aliran darah. Oleh karena itu, kekurangan vitamin B6 dapat muncul dalam banyak gejala yang berbeda, beberapa hanya sementara tetapi yang lain lebih serius.


  • Folat (B9)

Manfaat vitamin B9 termasuk mencegah cacat lahir, mencegah penuaan dini, mencegah serangan jantung, menyembuhkan gangguan mental dan membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak sel darah merah.

Manfaat lain termasuk memerangi depresi, bertindak sebagai koenzim, mendukung pembentukan otot, memerangi radikal bebas, mencegah kanker dan membantu kesuburan.

Vitamin B9 atau asam folat diperlukan untuk sintesis DNA dan untuk metabolisme asam amino. Asam folat sangat dianjurkan untuk mencegah kerusakan saraf tulang belakang dan mengembangkan sistem saraf bayi yang belum lahir.


  • Vitamin E

TOCOPHEROL atau vitamin E : Spirulina mengandung lebih banyak vitamin E per gram daripada biji gandum murni. Nutrisi ini melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan oksigenasi sel, dan memperlambat penuaan.

Vitamin E adalah agen antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Lebih khusus lagi, melindungi membran sel dari berbagai tipe sel, seperti sel darah, sel sistem syaraf, sel otot rangka dan sel retina.

Itu, juga, melindungi nutrisi bernilai tinggi, seperti vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C dari oksidasi.

Selain itu, vitamin E dianggap sebagai agen antitrombotik yang kuat, mencegah kejadian kardiovaskular, termasuk stroke. Akhirnya, vitamin E memfasilitasi transportasi oksigen dari darah ke jaringan.


  • Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak esensial yang memainkan peran penting untuk tulang dan dibutuhkan oleh tubuh untuk pembekuan darah dan proses penting lainnya.

Tubuh membutuhkan vitamin K untuk memproduksi prothrombin, protein dan faktor pembekuan yang penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K mendukung pemeliharaan tulang yang kuat, meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang . Namun, penelitian belum mengkonfirmasi hal ini.

Vitamin K dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah mineralisasi, di mana mineral menumpuk di arteri. Ini memungkinkan jantung untuk memompa darah secara bebas melalui tubuh.


Yang paling sedikit melimpah adalah :

  • Choline

Selanjutnya kandungan spirulina lainnya ialah choline. Kolin adalah makronutrien yang penting untuk fungsi hati, perkembangan otak yang normal, fungsi saraf, gerakan otot, mendukung tingkat energi dan menjaga metabolisme yang sehat.

Kolin berperan dalam beberapa proses penting dalam tubuh yang dilakukan ratusan kali, setiap hari.

Apa yang paling bermanfaat bagi kolin? Kolin membantu dalam proses metilasi, yang digunakan untuk membuat DNA, untuk sinyal saraf, dan untuk detoksifikasi.

Ini juga penting untuk berfungsinya neurotransmitter kunci yang disebut asetilkolin, yang juga membantu saraf untuk berkomunikasi dan otot untuk bergerak, bertindak sebagai neurotransmiter anti penuaan dan melakukan proses dasar lainnya.


  • Vitamin B12

Vitamin B12 bermanfaat bagi suasana hati Anda, tingkat energi, ingatan, jantung, kulit, rambut, pencernaan dan banyak lagi.

Vitamin B12 juga merupakan vitamin penting untuk mengatasi kelelahan adrenal, berbagai fungsi metabolisme – termasuk produksi enzim, sintesis DNA dan keseimbangan hormonal – dan menjaga sistem saraf dan kardiovaskular yang sehat.

Karena perannya yang luas dalam tubuh, kekurangan vitamin B12 dapat muncul dalam banyak gejala negatif yang berbeda, banyak yang sangat terlihat, seperti kelelahan kronis yang potensial, gangguan suasana hati seperti depresi dan stres kronis atau perasaan menurun.


  • Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu nutrisi yang paling efektif dan paling aman. Ini adalah vitamin yang larut dalam air dan antioksidan kuat dalam sintesis kolagen, yang membantu membuat pembuluh darah dan otot yang kuat.

Tubuh manusia tidak memiliki kapasitas untuk menghasilkan vitamin C. Oleh karena itu, perlu diterima melalui makanan dan suplemen lainnya, dan spirulina bisa jadi solusi bagi Anda.

Manfaat spirulina termasuk pencegahan dan pengobatan penyakit kudis, pilek, toksisitas timbal dan kanker. Ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan hipertensi, menyembuhkan katarak, memerangi stroke, menjaga elastisitas kulit, penyembuhan luka, dan mengendalikan gejala asma.

  • Vitamin D

Sudah jelas bahwa vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium. Tanpa cukup vitamin D dalam tubuh, tidak akan cukup dari bentuk aktifnya, hormon calcitriol.

Penyerapan kalsium memungkinkan tubuh untuk mempertahankan tingkat yang cukup dari unsur itu serta fosfat, yang keduanya meningkatkan pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat dan kuat.

Itu sebabnya tidak mengherankan bahwa mendapatkan cukup vitamin D sangat penting untuk menangkal penyakit tulang, seperti rakhitis pada anak-anak, osteomalasia pada orang dewasa, dan osteoporosis pada orang tua.


Daftar mineral pada spirulina termasuk :

  • Kalsium

Spirulina kering mengandung 120 mg kalsium per 100 g yang disajikan. Sebagai perbandingan, spirulina mentah mengandung jauh lebih sedikit kalsium hanya dengan 12 mg per 100 g penyajian.

Di antara semua manfaat kesehatan dari kalsium, yang paling penting adalah membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu dalam pencegahan kanker usus besar dan pengurangan obesitas.

Kalsium menguatkan tulang punggung, membantu mengurangi rasa sakit punggung dan menjaga tulang tetap dalam bentuk yang tepat. Ini juga mencegah radang sendi dan osteoporosis, yang dapat menghambat kebebasan bergerak Anda dan menjadi sangat menyakitkan.


  • Magnesium

Spirulina kering adalah sumber magnesium yang lebih baik daripada spirulina mentah, mengandung sekitar 20 miligram magnesium per 10 gram.

Jadi jika Anda menambahkan tiga sendok makan spirulina kering ke menu makanan Anda, Anda akan mendapatkan sekitar 10 persen dari dosis harian magnesium Anda hanya di bawah 60 kalori. Spirulina kering juga mengandung 5,75 gram protein per porsi 10-gram, membuatnya menjadi sumber protein yang terkonsentrasi.

“Mineral magnesium mendukung begitu banyak fungsi dalam tubuh kita untuk membuat kita tetap sehat,” kata Stacey Antine, MS, RDN, pendiri HealthBarn USA dan penulis Appetite for Life.

Penelitian menunjukkan bahwa magnesium mendukung fungsi otot dan saraf, membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan tekanan darah normal, dan meningkatkan kesehatan tulang.


  • Mangan

Selain magnesium, terdapat juga kandungan lain dari spirulina yaitu mangan. Mangan adalah mineral alami dalam tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil.

Merupakan antioksidan kuat yang mencari radikal bebas dalam tubuh manusia dan menetralkan partikel-partikel yang merusak ini, sehingga mencegah banyak potensi bahaya yang ditimbulkannya.

Termasuk ke dalam jenis mineral penting yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi vital, termasuk penyerapan nutrisi, produksi enzim pencernaan, perkembangan tulang dan pertahanan sistem kekebalan tubuh.


  • Fosfor

Fosfor adalah unsur penting dari tulang manusia, artinya tidak mungkin tubuh berfungsi normal tanpa jumlah mineral yang cukup.

Bahkan, fosfor secara teratur dicatat sebagai mineral kedua yang paling banyak di dalam tubuh manusia dan merupakan unsur kedua yang paling penting ketika datang untuk menjaga kesehatan dan integritas tulang, di balik kalsium.

Manfaat kesehatan lain dari fosfor sangat penting untuk melakukan kegiatan penting untuk berbagai bagian tubuh seperti otak, ginjal, jantung , dan darah. Ini adalah bagian penting dari diet kita, terutama ketika anak-anak, ketika pertumbuhan dan perkembangan paling banyak terjadi.

Fosfor juga diperlukan untuk memindahkan dan menggerakkan otot secara efektif. Ia bertindak sebagai elektrolit di dalam tubuh yang membantu aktivitas seluler, detak jantung dan menyeimbangkan tingkat cairan tubuh.


  • Kalium

Kalium merupakan mineral ketiga yang paling melimpah di tubuh manusia dan merupakan unsur kuat dalam meningkatkan kesehatan. Ini berisi komponen untuk mempertahankan tingkat kesejahteraan yang tinggi dan gaya hidup yang lebih baik.

Selain bertindak sebagai elektrolit, mineral ini diperlukan untuk menjaga jantung, otak, ginjal, jaringan otot, dan sistem organ penting lainnya dari tubuh manusia dalam kondisi baik.


  • Sodium

Sodium adalah elektrolit yang sangat penting dan merupakan ion penting yang ada dalam cairan ekstraseluler (ECF). Salah satu manfaat kesehatan dari natrium adalah peran penting yang dimainkannya dalam operasi enzim dan kontraksi otot.

Sodium diperlukan untuk pengaturan darah dan ketiadaannya dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh yang serius.

Ini adalah elemen serbaguna dan terjadi dalam lebih dari delapan puluh bentuk yang berbeda. Sebagai elektrolit, ia mengatur cairan tubuh dan mengirimkan impuls listrik di dalam tubuh.


  • Seng atau zinc

Zinc bermanfaat bagi tubuh dalam banyak hal: membantu produksi hormon, pertumbuhan dan perbaikan; meningkatkan kekebalan dan memfasilitasi pencernaan.

Manfaat seng juga termasuk kemampuannya untuk bertindak sebagai agen anti-inflamasi, oleh karena itu seng mungkin memiliki manfaat terapeutik yang signifikan untuk beberapa penyakit kronis yang umum seperti melawan kanker atau membalikkan penyakit jantung.

Seng sebenarnya ada dalam semua jaringan tubuh dan diperlukan untuk pembelahan sel yang sehat. Ia bertindak seperti antioksidan di dalam tubuh, melawan kerusakan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Zinc juga memiliki dampak besar pada keseimbangan hormonal, jadi untuk alasan ini, bahkan kekurangan zinc yang kecil dapat mengakibatkan peningkatan risiko infertilitas atau diabetes.


Selain itu, kandungan spirulina lainnya ialah :

  • Antioksidan

Secara sederhana, antioksidan adalah zat yang stabil dan tetap stabil bahkan setelah kehilangan elektron.

Salah satu definisi antioksidan adalah zat yang menghambat oksidasi, terutama yang digunakan untuk menetralkan deteriorasi produk makanan yang tersimpan atau menghilangkan oksidator yang berpotensi merusak dalam organisme hidup.

Ada berbagai macam antioksidan yang ditemukan di alam, dan karena mereka sangat bervariasi, antioksidan yang berbeda memberikan manfaat ke berbagai bagian tubuh.

Misalnya, beta-karoten (dan karotenoid lainnya) sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, likopen bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan prostat, flavonoid sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan proanthocyanidins bermanfaat untuk kesehatan saluran kemih.


  • Omega 3, 6 dan 9

Omega 3 baik untuk jantung dan otak, omega 6 bagus untuk produksi hormon dan omega 9 bermanfaat bagi jantung dan arteri.

Asam lemak Omega 3 atau asam alfa-linolenat adalah asam lemak esensial karena tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda. Ini penting untuk fungsi otak yang tepat dan menjaga sistem kardiovaskular yang sehat.

Asam linoleat, asam lemak omega 6, adalah lemak polyunsaturated penting yang merupakan komponen penting dari membran sel.

Asam lemak ini berkontribusi terhadap penurunan berat badan dan membangun massa tubuh tanpa lemak. Asam Linoleic mempengaruhi aksi dua hormon leptin dan resistin yang terlibat dengan nafsu makan, penyimpanan lemak dan sensitivitas insulin.

Sedangkan, asam lemak omega 9 adalah asam lemak yang tidak penting karena tubuh kita dapat membuatnya. Ini biasanya dibuat oleh tubuh ketika Anda memiliki cukup omega 3s dan 6s. Asam lemak Omega 9 dikaitkan dengan peningkatan fungsi kesehatan dan kekebalan arteri.


  • Gla atau asam linoleat Gamma

Asam linoleat Gamma, juga dikenal sebagai GLA, adalah asam lemak omega-6 dengan sejumlah kegunaan potensial, yang termasuk mengobati rheumatoid arthritis.

Asam lemak Omega-6 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang penting untuk fungsi otak. Lemak tak jenuh ganda, secara umum, membantu menjaga sistem reproduksi dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut serta mengatur sistem metabolisme.

GLA dapat membantu mempromosikan ekspresi gen tertentu yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan dan kematian sel kanker. Efek anti-inflamasi ini kemungkinan bertanggung jawab untuk potensi GLA dalam mengobati gejala rheumatoid arthritis.

Di dalam tubuh, asam gamma-linolenat digunakan untuk memproduksi prostaglandin (zat mirip hormon yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh ).

  • Sifat prebiotiknya membantu usus dengan mendorong pertumbuhan organisme menguntungkan di usus.
  • Karena kualitas fotosintesisnya, spirulina mengandung pigmen-phyto, seperti klorofil , phycocyanin , dan karotenoid.

Untuk mendapatkan manfaat langsung dari spirulina ini, Anda biasa dengan mengkonsumsi produk atau suplemen spirulina yang saat ini banyak dijual, namun ingat, harap berhati-hati ketika membeli produk spirulina, ini karena ada kemungkinan resiko efek samping jika Anda mengkonsumsi produk spirulina yang tidak aman.

Terimakasih, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat masker spirulina

Cara budidaya spirulina di rumah

Posted by Manfaatspirulina.web.id | Khasiat Spirulina | Manfaat Spirulina | Kegunaan Spirulina

Mengulik Segudang Kandungan Dan Komposisi Spirulina

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *