10 Manfaat Chlorella Untuk Kesehatan Yang WAJIB Anda Ketahui

10 Manfaat Chlorella Untuk Kesehatan Yang WAJIB Anda Ketahui


Seperti spirulina, chlorella adalah ganggang air tawar dengan sejumlah manfaat yang dapat mendukung kesehatan.

Walaupun hampir sama dengan spirulina, bentuk chlorella ini bersel tunggal (spirulina adalah multi-sel). Ini juga merupakan salah satu spesies tertua di dunia dan memiliki kemampuan unik untuk mereproduksi 8 kali sehari, menjadikannya sumber nutrisi yang baik.

Berasal dari Taiwan dan Jepang, makanan super ini kaya dengan fitonutrien, termasuk asam amino, klorofil, beta-karoten, kalium, fosfor, biotin, magnesium, dan vitamin B-kompleks.

Penelitian telah menunjukkan bahwa chlorella bermanfaat bagi seluruh tubuh dengan mendukung fungsi hormonal yang sehat, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membantu meniadakan efek kemoterapi dan radiasi, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dan membantu detoksifikasi tubuh kita.

Warna hijau kaya Chlorella berasal dari konsentrasi tinggi klorofil.

Fakta nutrisi

  • Protein — 16g
  • Vitamin A – 287% RDA
  • Vitamin B2— 71% RDA
  • Vitamin B3— 33% RDA
  • Besi — 202% RDA
  • Magnesium— 22% RDA
  • Seng— 133% RDA

Selain itu, chlorella mengandung banyak vitamin B1, vitamin B6 dan fosfor.

Dan di bawah ini segudang manfaat dari chlorella untuk kesehatan Anda

Chlorella mendetoksifikasi dan membersihkan logam berat

Salah satu manfaat kesehatan terpenting chlorella adalah bahwa ia membungkus dirinya sendiri di sekitar racun yang ada di tubuh kita, seperti timbal, kadmium, merkuri dan uranium, dan mencegahnya diserap kembali.

Konsumsi chlorella secara teratur bahkan dapat membantu menjaga logam berat agar tidak berakumulasi di jaringan dan organ-organ lunak tubuh kita sejak awal.

Chlorella membantu menangkap unsur kimia (misalnya, logam berat, hidrokarbon) dan menghilangkannya melalui sistem pencernaan berkat struktur membran dan komponennya.

Chlorella membantu detoksifikasi radiasi dan kemoterapi

Terapi radiasi dan kemoterapi adalah bentuk perawatan kanker yang paling umum saat ini. Siapa pun yang telah melalui salah satu dari perawatan ini, atau tahu siapa yang memiliki, tahu berapa banyak tol yang mereka ambil pada tubuh.

Tingkat klorofil Chlorella yang tinggi telah terbukti melindungi tubuh terhadap perawatan radiasi ultraviolet sambil menghilangkan partikel radioaktif dari tubuh.

Chlorella membantu menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, para peneliti menyatakan, “Asupan Chlorella menghasilkan pengurangan nyata dalam persentase lemak tubuh, kolesterol total serum, dan kadar glukosa darah puasa.”

Chlorella bermanfaat bagi Anda dengan membantu mengatur hormon, membantu metabolisme, meningkatkan sirkulasi, dan mendorong tingkat energi yang lebih tinggi. Ini juga membantu mengurangi berat badan dan lemak tubuh, dan menghilangkan racun yang tersimpan.

Ketika tubuh kita kehilangan berat badan, racun dilepaskan dan dapat diserap kembali. Penting untuk membuang racun ini keluar dari sistem secepat mungkin. Kemampuan chlorella untuk mengelilingi racun dan logam berat yang ada di tubuh kita membantu memfasilitasi eliminasi dan mencegah reabsorpsi.

Chlorella membuat Anda tampak lebih muda

Penelitian terus mengungkapkan bahwa chlorella juga dapat memperlambat proses penuaan, membuat Anda terlihat lebih muda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Laboratory mengungkapkan bahwa chlorella sangat mengurangi stres oksidatif, yang dapat disebabkan dari polusi, stres dan pola makan yang buruk.

Alasan chlorella sangat efektif memberikan Anda kulit yang tampak lebih muda adalah karena secara alami meningkatkan kadar vitamin A, vitamin C dan glutathione dalam tubuh Anda yang menghilangkan radikal bebas dan melindungi sel-sel Anda.

Dengan hanya mengambil satu sendok teh atau beberapa kapsul setiap hari dari suplemen chlorella, Anda dapat melihat hasilnya dalam waktu dua minggu.

Chlorella membantu mencegah dan melawan kanker

Ini mungkin adalah manfaat kesehatan paling signifikan yang terkait dengan chlorella, dan itu didukung oleh bukti ilmiah.

Penelitian telah menemukan bahwa chlorella membantu menekan frekuensi tumor kanker, ditambah lagi telah ditemukan untuk benar-benar menghancurkan sel-sel kanker dan mengurangi tingkat kelangsungan hidup mereka.

Juga, karena chlorella sangat bergizi dan bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, semakin kuat kekebalan seseorang, semakin kecil kemungkinan mereka menderita kanker.

Chlorella menurunkan gula darah dan kolesterol Anda

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Medicinal Food , peneliti menemukan bahwa dosis 8.000 mg chlorella per hari (dibagi menjadi 2 dosis), membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah.

Peneliti mengamati pertama penurunan kadar kolesterol, dan kemudian peningkatan glukosa darah. Mereka percaya bahwa chlorella mengaktifkan sejumlah gen pada tingkat sel yang meningkatkan sensitivitas insulin, mendorong keseimbangan yang sehat.

Chlorella memiliki anti peradangan alamiah

Penelitian saat ini menemukan bahwa peradangan mungkin menjadi akar dari banyak penyakit seperti penyakit jantung, sindrom metabolik, dan bahkan depresi.

Meskipun ada banyak faktor yang memengaruhi keadaan peradangan di dalam tubuh, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti lycopene dan lemak omega-3, seperti chlorella telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada penanda inflamasi.

Chlorella mendukung kesehatan neurologis, kecemasan dan depresi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum di beberapa negara sebut saja Amerika Serikat.

Penelitian terbaru menemukan bahwa peradangan kronis dapat menyebabkan depresi dan peneliti lainnya melihat bahwa peran diet anti-inflamasi dan suplemen dapat membantu mengelola gejala depresi mayor.

Penelitian awal menunjukkan bahwa suplementasi dengan chlorella meningkatkan gejala fisik dan neurologis depresi dan kecemasan.

Chlorella mendukung kesehatan pencernaan

Chlorella menyebabkan bakteri laktat yang sehat di usus tumbuh 4 kali lebih cepat dari biasanya, memperbaiki pencernaan.

Chlorella menunjukkan janji sebagai makanan fungsional yang dapat membantu menyembuhkan dan memperbaiki saluran pencernaan untuk memastikan bahwa Anda menyerap semua makanan yang baik yang Anda makan dan menjaga semua racun dan bakteri yang dapat membuang sistem kekebalan tubuh Anda.

Chlorella mendukung kesehatan liver ( hati )

Chlorella membantu membuang racun yang dinetralisir di hati dan dikirim ke saluran pencernaan melalui empedu. Di saluran pencernaan, chlorella membantu untuk lebih lanjut mengikat racun di usus besar untuk eliminasi melalui tinja.

Aktivitas mengikat ini membantu mencegah racun masuk kembali ke aliran darah. Chlorella telah terbukti melindungi hati terhadap kerusakan oksidatif yang diinduksi toksin dan toksisitas kadmium menjadikannya suplemen diet yang mendukung hati.


Sumber :

  • https://draxe.com/7-proven-chlorella-benefits-side-effects/
  • https://www.herbaffair.com/blogs/blog/top-19-health-benefits-of-chlorella
  • https://www.wolfsonintegrativecardiology.com/8-ways-chlorella-benefits-body/

Baca juga artikel lainnya :

Efek Samping Spirulina

Manfaat & Cara Memakai Spirulina Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Posted by Apa Saja Manfaat Spirulina ?

10 Manfaat Chlorella Untuk Kesehatan Yang WAJIB Anda Ketahui

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *