Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Ginjal

Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal


Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal – Penyakit ginjal dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk membersihkan darah, menyaring air ekstra dari darah Anda dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Di dalam setiap ginjal ada sekitar satu juta struktur kecil yang disebut nefron yang bertugas menyaring darah Anda. Membuang kotoran dan air ekstra, yang menjadi air kencing.

Urin mengalir melalui saluran yang disebut ureter yang kemudian pergi ke kandung kemih Anda, yang menyimpan urin sampai Anda pergi ke kamar mandi.

Anda dilahirkan dengan dua ginjal yang berada di kedua sisi tulang belakang Anda, tepat di atas pinggang Anda.

Ketika ginjal Anda rusak, produk limbah dan cairan dapat menumpuk di dalam tubuh Anda. Itu bisa menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemah, kurang tidur dan sesak napas.

Sebagian besar penyakit ginjal menyerang nefron. Kerusakan ini dapat menyebabkan ginjal tidak dapat membuang kotoran.

Penyebabnya bisa termasuk masalah genetik, cedera, atau obat-obatan. Anda memiliki risiko penyakit ginjal yang lebih tinggi jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau anggota keluarga dekat dengan penyakit ginjal.

Tanpa perawatan, kerusakan pada ginjal ini bisa memburuk dan ginjal Anda akhirnya bisa berhenti bekerja. Itu serius, dan itu bisa mengancam jiwa.

Gejala penyakit ginjal

Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal sering disebut sebagai ‘penyakit diam’ karena sering tidak ada gejala yang dirasakan. Bahkan, Anda bisa kehilangan hingga 90 persen fungsi ginjal Anda sebelum mengalami gejala apa pun. Beberapa tanda dan gejala termasuk :

  • Perubahan frekuensi dan kuantitas urin yang Anda lewati, terutama di malam hari (biasanya peningkatan pada awalnya).
  • Darah dalam urin Anda (hematuria).
  • Perubahan warna urin Anda.
  • Bengkak di sekitar kaki dan pergelangan kaki Anda (edema).
  • Sakit di punggung Anda (di bawah tulang rusuk yang lebih rendah, di mana ginjal berada).
  • Rasa sakit atau terbakar ketika Anda buang air kecil.
  • Tekanan darah tinggi.

Jika ginjal Anda mulai gagal, produk-produk limbah dan cairan tambahan menumpuk di dalam darah Anda. Ini, dan masalah lainnya, secara bertahap mengarah ke:

  • Kelelahan dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.
  • Umumnya merasa tidak sehat.
  • Kehilangan selera makan.
  • Mual dan muntah.
  • Sesak napas.
  • Gatal.
  • Bau mulut dan rasa logam di mulut.

Perawatan untuk penyakit ginjal

Jika terdeteksi cukup dini, perkembangan penyakit ginjal bisa diperlambat dan bahkan kadang dicegah. Pada tahap awal, perubahan pola makan dan pengobatan dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

Jika fungsi ginjal berkurang hingga kurang dari 10 persen dari normal, hilangnya fungsi harus diganti dengan dialisis atau transplantasi ginjal.

Dialisis adalah pengobatan untuk gagal ginjal yang menghilangkan produk limbah dan air tambahan dari darah dengan menyaringnya melalui membran khusus (filter halus). Sumber.

Dan sebelum Anda mengalami atau menderita penyakit ginjal, ada beberapa suplemen yang dapat dimanfaatkan, misalnya suplemen yang mengandung spirulina.

Spirulina ?

Yaps, spirulina.

Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Spirulina adalah mikroalga biru-hijau yang biasanya tumbuh di danau air tawar, mata air alami, dan air asin di iklim subtropis dan tropis. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa spirulina telah dikonsumsi di tempat-tempat seperti Afrika tengah selama berabad-abad.

Spirulina mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti DHA dan GLA, serta tingkat antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan oksidatif,” kata Nathalie Rhone , RD, ahli nutrisi di Nutrition by Nathalie di New York City.

Spirulina juga dikemas dengan nutrisi, termasuk kalsium, niacin, potasium, magnesium, vitamin B, dan zat besi. “Kalsium, kalium, dan magnesium semuanya penting untuk kesehatan otot, tulang, dan jantung, sedangkan vitamin B bertanggung jawab untuk energi kita,” kata Brown. Magnesium juga membantu menurunkan tingkat stres.

Spirulina, seperti halnya banyak sayuran hijau tua lainnya (misalnya Kale , bayam , rumput laut ), adalah makanan yang bagus untuk memerangi stres oksidatif.

Selain itu, fitokimia dan protein yang terkandung dalam Spirulina juga dapat bermanfaat untuk peradangan. Salah satu efek yang paling menarik dan paling mudah diprediksi terkait dengan konsumsi spirulina adalah bahwa ia benar – benar mendetoksifikasi.

Spirulina dan bahan aktif C-Phycocyanin telah terbukti mengurangi efek berbagai racun, juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan organ. Mengkonsumsi C-Phycocyanin dalam bentuk spirulina sebenarnya telah terbukti mengurangi efek keracunan arsenik.

Bagaimana spirulina bermanfaat untuk kesehatan ginjal ?

Penambahan spirulina dalam makanan secara signifikan mengurangi kadar nitrogen urea darah dan kreatinin darah.

Ekstrak spirulina yang larut dalam air, mengandung phycocyanin, pigmen biru alami. Para peneliti menyimpulkan bahwa phycocyanin memainkan peran utama dalam efek perlindungan spirulina terhadap gagal ginjal yang disebabkan oleh merkuri dan obat-obatan farmasi.

Studi menunjukkan spirulina mungkin memiliki efek menguntungkan bagi manusia yang menderita keracunan logam berat dan bahwa efek samping ginjal dapat menurun ketika spirulina diambil dengan pemberian obat-obatan.

Kandungan fikosianin spirulina sebenarnya membantu meregenerasi ginjal dan melindungi dari gagal ginjal. Spirulina secara nutrisi mendukung gula darah, fungsi kekebalan tubuh, dan fungsi ginjal.

Spirulina juga membantu melindungi sel-sel dari radiasi gamma, seperti yang ditunjukkan oleh studi tahun 1989 16 pada sumsum tulang tikus.

Ini juga melindungi dan mendukung kesehatan ginjal Anda, yang merupakan beberapa organ pertama yang mengalami kerusakan setelah paparan radiasi yang signifikan. Penelitian 17 menunjukkan spirulina juga melindungi terhadap nefrotoksisitas perawatan kanker.

Spirulina juga telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna. Vitamin B dalam spirulina mendukung sistem saraf. Selain itu, spirulina mendukung peran detoksifikasi ginjal dan hati.


Terimakasih, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Chlorella Untuk Kesehatan

Manfaat & Efek Samping Spirulina Bagi Ibu Hamil

Posted by Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Mengupas Tuntas Manfaat Khasiat Spirulina Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *