Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil


Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Spirulina dikenal sebagai masker kecantikan wajah terbaik, namun ternyata manfaatnya tidak hanya itu, spirulina juga saat ini dikenal bermanfaat untuk Anda yang sedang hamil atau mengandung.

Benarkah ?

Let’s find the ” truth ” …

Spirulina adalah ganggang biru-hijau yang banyak dijual sebagai suplemen yang konon memiliki banyak efek kesehatan dari mulai meningkatkan fungsi kekebalan tubuh hingga menurunkan kolesterol dan membantu mencegah kanker.

Dari kandungannya sendiri, spirulina sangat tinggi protein, besi dan mineral lainnya. Protein dalam spirulina dianggap memiliki kualitas tertinggi karena mudah diserap dalam tubuh, lebih unggul daripada kacang polong lainnya seperti kacang-kacangan, kecambah, dll. Kandungan proteinnya adalah 50-70% dari total berat keringnya.

Dillon, JC et al., Pada tahun 1995, mengakui bahwa protein yang ada dalam Spirulina dianggap sebagai kualitas terbaik dibandingkan dengan semua tumbuhan dan protein hewani.

Nilai nutrisinya yang tinggi terbukti sangat baik dalam mempertahankan kesuburan dan kehamilan untuk semua wanita. arena spirulina adalah sumber makanan tanaman yang sangat bergizi, telah terbukti sangat baik untuk mendukung kesuburan dan kehamilan yang sehat.

Manfaat kesehatan dari spirulina untuk wanita hamil

Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Menurut Khan, Z., dkk. (2005) artikel tentang Nutrisi dan Potensi Terapi Spirulina, Spirulina adalah sumber protein tak terbatas, karena memiliki semua asam amino esensial. Kandungan total protein adalah 50 hingga 70% dari total berat kering.

Selain itu, ia menyediakan berbagai mineral dan vitamin yang cepat diserap oleh tubuh, seperti pada tubuh wanita yang sedang hamil. Jadi ini adalah cara termudah untuk meningkatkan asupan nutrisi harian Anda.

Vitamin pada spirulina : Thiamin, A, D, E, K, Niacin, Riboflavin, B12, B6, Asam Pantotenat, dan Folat.

Mineral pada spirulina : Kalsium, Kalium, Seng, Magnesium, Besi, Selenium, Fosfor, dan Tembaga dan kandungan Sodium yang relatif rendah karena tumbuh di air tawar.

Banyak mineral dan vitamin dalam Spirulina bertindak sebagai antioksidan. Dengan demikian melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kerusakan oksidatif, sebagai akibat dari radikal bebas, terungkap dalam berkontribusi untuk menurunkan kekebalan dan kesehatan seseorang.

Penelitian yang dilakukan di Meksiko mengusulkan bahwa Spirulina berguna dalam pengobatan preeklamsia pada wanita hamil.

Spirulina mencegah terjadinya itu semua, mungkin, karena tingginya kandungan nutrisi. Sebuah artikel, Spriluna untuk Pencegahan dan Pengendalian Preeklamsia (Mark F. McCartys et al., 2009), menjelaskan bahwa preeklamsia terkait dengan tekanan oksidatif yang meningkat pada sistem vaskular dan plasenta wanita yang sering dikaitkan dengan nutrisi yang buruk.

Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

NADPH oksidase disarankan sebagai sumber utama stres oksidan yang sering dikaitkan dengan preeklampsia. Spirulina mengandung Phycocyanobilin (PCB) yang menghambat NADPH. Dengan demikian ini membantu melindungi ibu hamil dan janin dari preeklamsia.

Banyak vitamin dan mineral dalam spirulina adalah antioksidan, yang terbukti melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas telah terbukti berkontribusi pada masalah kesuburan seperti cacat fase luteal, kesehatan telur dan sperma yang buruk, serta menurunkan kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa preeklamsia berhubungan dengan peningkatan stres oksidatif pada plasenta dan sistem vaskular ibu.

NADPH oksidase telah terbukti menjadi sumber nomor satu untuk stres oksidan yang terkait dengan preeklamsia. Phycocyanobilin (PCB) yang terkandung dalam spirulina telah terbukti menghambat NADPH. Ini dapat membantu melindungi ibu dan anak dari preeklampsia. Penyebab utama preeklampsia adalah nutrisi yang buruk.

Spirulina mengandung asam lemak esensial dalam bentuk asam linolenat, asam linoleat dan asam arakidonat. Asam lemak esensial ini membantu fungsi prostaglandin yang diperlukan untuk keseimbangan hormon dan pengaturan tekanan darah (juga penting untuk kehamilan).

Laman parenting.firstcry.com merangkum beberapa manfaat spirulina untuk ibu hamil, diantaranya :

  1. Spirulina meningkatkan kadar hemoglobin tubuh dan mencegah anemia dan kelelahan selama kehamilan.
  2. Protein dapat menawarkan makanan tambahan untuk janin dan meningkatkan pertumbuhannya sembari membantu ibu hamil memperkuat tulang mereka.
  3. Asam lemak esensial seperti asam linoleat, asam linolenat, dan asam arakidonat dalam spirulina mendukung fungsi prostaglandin yang meningkatkan keseimbangan hormon dan menurunkan tekanan darah selama kehamilan.
  4. Spirulina berlimpah di phycocyanin, antioksidan, yang membantu mencegah radikal bebas dari menyebabkan kerusakan oksidatif dan penuaan jaringan dan sel dengan cepat.
  5. Spirulina berkhasiat untuk pertumbuhan otak janin.
  6. Karena mengandung klorofil, spirulina mencegah racun terkumpul di dalam tubuh.
  7. Spirulina dapat membantu menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan LDL sambil meningkatkan kolesterol HDL, yang bermanfaat selama kehamilan.
  8. Spirulina juga dapat membantu mengurangi tekanan darah yang merupakan masalah kehamilan yang umum. Ini terjadi karena peningkatan produksi oksida nitrat yang membantu relaksasi dan pelebaran pembuluh darah.
  9. Ini juga dapat membantu memerangi masalah kehamilan umum lainnya, yaitu diabetes gestasional. HbA1c telah dikenal untuk mengurangi secara signifikan.

Apakah spirulina memiliki efek samping bagi ibu hamil ?

Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Meskipun tidak ada penelitian penting yang menjelaskan efek spirulina pada wanita hamil atau menyusui, ada bahaya yang diketahui yang perlu dipahami secara mendalam oleh wanita hamil yang berniat untuk mengambilnya sebagai suplemen.

Dan di bawah ini sejumlah kemungkinan efek samping spirulina untuk wanita yang sedang hamil.

  • Spirulina dapat terkontaminasi dengan merkuri dan logam berat lainnya, dan bakteri berbahaya yang bisa sangat berbahaya bagi kehamilan Anda.
  • Spirulina jika diambil oleh seorang wanita yang memiliki penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis, dapat memperburuk gejala.
  • Spirulina yang terkontaminasi dengan anatoksin, microcystin atau cyanotoxin dapat menyebabkan kesulitan bernafas, keracunan hati, radang pankreas, kerusakan saraf, gagal ginjal, kerusakan otot jantung, dan kejang.
  • Kontaminasi fenilalanin dapat berbahaya bagi orang dengan PKU (phenylketonuria), dan wanita hamil berisiko fakta bahwa janin mereka belum diuji untuk ketahanan terhadap fenilalanin.
  • Spiritual yang terkontaminasi juga dapat menyebabkan detak jantung yang cepat, rasa haus yang berlebihan, muntah, kelemahan, mual , dan sakit perut.

Catatan : Jika Anda sedang hamil dan ingin mengkonsumsi spirulina, sebaiknya pilih suplemen atau produk spirulina yang terbukti aman tanpa efek samping serta terjaga kualitas dan kuantitasnya.

Terimakasih 🙂

Sumber :

  • https://blog.mysuperfoods.com/spirulina-effects-pregnancy-lactation/
  • http://parenting.firstcry.com/articles/consuming-spirulina-during-pregnancy-is-it-safe/

Posted by Mengungkap 101 Rahasia Manfaat Spirulina Untuk Mendukung Kesehatan Tubuh Anda

Mengetahui Manfaat & Efek Samping Spirulina Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *