7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah


7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Penyebab komedo

  1. Kulit berminyak
  2. Kulit kering
  3. Hormon
  4. Masa pubertas
  5. Haid
  6. Pil KB
  7. Kehamilan

20 Cara menghilangkannya

  1. Baking Soda
  2. Putih Telur
  3. Kayu Manis
  4. Lidah Buaya
  5. Cuka Sari Apel
  6. Madu
  7. Susu
  8. Lemon
  9. Minyak Kelapa
  10. Oatmeal
  11. Teh Hijau
  12. Air Garam
  13. Pasta Gigi
  14. Kunyit
  15. Strawberry
  16. Fenugreek
  17. Tomat
  18. Masker Spirulina
  19. Minyak Jarak
  20. Minyak Jojoba

Baca juga : Manfaat Spirulina Masker Untuk Wajah Yang Berjerawat, Bopeng, Kering & Flek Hitam


Jangan minder dengan komedo. Setelah membaca artikel ini, komedo yang Anda miliki akan hilang dengan hanya menggunakan lidah buaya dan 22 cara mudah serta alami lainnya.

Lanjutkan membaca.

Komedo merupakan tonjolan sangat kecil yang ditemukan pada kulit yang muncul ketika folikel rambut menjadi tersumbat dengan sebum dan serpihan.

Biasanya, rambut tumbuh dari folikel rambut di pori-pori, dan kelenjar sebaceous sebum yang terletak di bawahnya.

Ketika pori-pori ini ditancapkan, sel kulit mati di pori terbuka bereaksi dengan oksigen di udara dan menjadi hitam, membentuk blackhead atau lebih dikenal sebagai komedo.

Komedo adalah bentuk lesi jerawat ringan yang bisa muncul di seluruh tubuh. Umumnya Anda akan menemukan komedo di wajah, tetapi mereka juga dapat dilihat di punggung, bahu, leher, dada, dan lengan.

Fakta cepat tentang komedo

  • Komedo terbuat dari melanin yang teroksidasi dan bukan kotoran yang terperangkap.
  • Meremas atau menggosok pada komedo dapat memperburuknya.
  • Untuk mengurangi komedo, hindari produk perawatan kulit yang berbahan dasar minyak, lingkungan yang lembab, pakaian ketat, dan produk kulit yang mengandung alkohol.
  • Komedo ini cenderung muncul ketika hormon mengarah pada peningkatan produksi sebum, zat berminyak, oleh kelenjar di bawah kulit.

Lesi jerawat lainnya biasanya tertutup, tetapi pada komedo, kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat terbuka, udara masuk menyebabkan terkumpulnya minyak sebum atau sel-sel kulit mati untuk mengoksidasi dan menjadi hitam atau kadang-kadang kekuningan.

7  penyebab munculnya komedo di wajah

Beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengembangkan komedo. Perubahan usia dan hormon merupakan faktor penting.

Seperti gejala jerawat lainnya, komedo paling sering terjadi saat pubertas, ketika perubahan kadar hormon memicu lonjakan produksi sebum. Namun, mereka dapat muncul pada usia berapa pun.

Androgen, hormon seks pria, memicu sekresi sebum yang lebih besar dan pergantian sel kulit yang lebih tinggi di sekitar pubertas. Anak laki-laki dan perempuan mengalami tingkat androgen yang lebih tinggi selama masa remaja.

Setelah pubertas, perubahan hormonal yang berkaitan dengan menstruasi, kehamilan, dan penggunaan pil KB juga dapat menyebabkan komedo pada wanita.

Tidak hanya itu, overproduksi sel-sel kulit oleh tubuh dapat menyebabkan komedo.

1. Kulit berminyak

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Kulit berminyak lebih mungkin mengembangkan komedo, karena ada lebih banyak minyak yang tersedia untuk terperangkap di pori-pori Anda.

2. Kulit kering

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Kulit kering akan melindungi Anda dari komedo, tetapi itu tidak selalu terjadi. Ketika kulit Anda mengalami dehidrasi, kulit Anda dapat bereaksi berlebihan dengan memproduksi terlalu banyak minyak.

Minyak ini dapat terperangkap di pori-pori Anda bersama dengan kulit mati, menghasilkan komedo dan kulit kering. Menggunakan terlalu banyak produk keras, menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari, dan mengurangi pelembab akan meningkatkan peluang bahwa ini akan terjadi.

3. Hormon

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Hormon. Salah satu penyebab paling umum komedo dan jenis jerawat lainnya adalah produksi sebum berlebih, yang terjadi sebagai akibat dari perubahan hormonal.

Sementara sebagian besar jerawat hormonal dan perubahannya terjadi selama pubertas, ada peristiwa kehidupan lain yang dapat mengkatalisis produksi sebum berlebih.

4. Masa pubertas

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Perubahan hormonal yang dialami selama pubertas adalah pemicu paling umum untuk produksi sebum yang berlebihan (minyak yang ditemukan di kelenjar minyak di bawah permukaan kulit). Ketika anak-anak mencapai pubertas, tubuh mulai memompa keluar tingkat hormon yang lebih tinggi.

Perubahan hormon ini dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum di kelenjar minyak. Jika sebum berlebihan bergabung dengan sel-sel kulit mati dan bakteri di dalam pori-pori, sebuah sumbat bisa terbentuk.

Sebaiknya produksi sebum berlanjut, pori-pori dapat membesar dan membentuk komedo yang terlihat, entah itu dalam bentuk blackhead atau whiteheads. Jenis lesi ini dapat memburuk dan menjadi papula, pustula, nodus, dan kista tergantung pada bakteri yang ada.

5. Haid

Banyak wanita mungkin menemukan jerawat mereka dan prevalensi komedo memburuk selama atau sebelum periode mereka. Ini karena tubuh mengalami banyak fluktuasi hormonal saat ini. Ketika kadar estrogen menurun, tingkat progesteron meningkat.

Ketika progesteron meningkat, kelenjar minyak di kulit menghasilkan lebih banyak sebum. Jerawat yang berhubungan dengan menstruasi biasanya dimulai antara dua dan tujuh hari sebelum periode wanita dan berakhir setelah periode dimulai saat tingkat progesteron menyesuaikan kembali.

6. Pil KB

Sementara beberapa wanita menemukan bahwa jerawat mereka hilang setelah memulai pengendalian kelahiran, beberapa resep ini benar-benar dapat mempromosikan jerawat. Beberapa pil KB terbukti telah membersihkan jerawat.

Pada tahun 2012, satu studi melihat 31 percobaan yang melibatkan lebih dari 12.000 peserta untuk memeriksa apakah kontrasepsi oral dapat membantu mengurangi insiden jerawat.

Ditemukan bahwa beberapa merek membantu membersihkan komedo terbuka, tertutup, pustula, papula, dan nodul. Namun, sementara beberapa wanita menemukan bahwa jerawat mereka hilang setelah memulai pengendalian kelahiran, beberapa resep ini benar-benar dapat mempromosikan jerawat.

Meskipun sebagian besar pil KB membantu menurunkan kadar androgen, menurunkan produksi sebum dan membersihkan kulit, beberapa merek memiliki efek sebaliknya. Pil KB yang mengandung progestin berbasis androgen dapat benar-benar menghasilkan promosi jerawat, dan insiden komedo yang lebih tinggi, bersama dengan lesi lainnya.

7. Kehamilan

Banyak wanita menemukan bahwa jerawat mereka memburuk, atau muncul untuk pertama kalinya, selama kehamilan. Ini umumnya terjadi sekitar enam minggu setelah kehamilan.

Mengubah hormon selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan androgen, yang merupakan minyak yang menandakan produksi sebum. Menurut WhatToExpect.com , tubuh juga menyimpan lebih banyak cairan selama waktu ini, yang dapat mengandung racun yang bermanifestasi sebagai jerawat.

20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

1. Baking Soda

Cara menghilangkan komedo pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan baking soda.

Kualitas antiseptik membuatnya menjadi produk yang luar biasa untuk kulit Anda. Ini tidak hanya berfungsi sebagai pengelupas kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, meninggalkan kulit lembut dan halus, itu juga merupakan pesaing yang luar biasa terhadap komedo-komedo yang jahat.

Dan, karena soda kue juga membantu menetralkan pH kulit, ia mendorong kulit untuk menghasilkan lebih sedikit minyak.

Bahan

  • 1 sendok makan soda kue
  • 2 sendok makan air

Cara meramu

  • Campur soda kue dan air untuk mendapatkan pasta yang bagus.
  • Oleskan pasta ini pada area yang terkena.
  • Biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.

Anda dapat menambahkan beberapa tetes lemon ke pasta soda kue untuk manfaat tambahan.

Aturan pakai

  • Lakukan ini setiap hari untuk menyingkirkan komedo dengan cepat.

2. Putih Telur

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Masker wajah ini tidak hanya membantu mencegah komedo tetapi juga melindungi kulit Anda dari menjadi sangat berminyak.

Putih telur membantu menghilangkan komedo saat ini dan mengencangkan pori-pori. Albumin, bahan utama hadir dalam putih telur, terutama bertanggung jawab untuk properti pengencang pori ini. Masker ini juga akan membuat kulit Anda bersinar.

Bahan

  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh madu

Cara meramu

  • Campurkan madu ke dalam putih telur dan gunakan campuran di wajah Anda.
  • Biarkan kering. Cuci bersih dengan air hangat.

Aturan pakai

  • Ulangi ini sekali atau dua kali seminggu.

3. Kayu Manis

7 Penyebab Komedo & 20 Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Cepat & Mudah

Kayu manis adalah bumbu anti-bakteri yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah aromatik yang menawarkan segala macam manfaat bagi kulit, termasuk penghilangan komedo.

Hal ini juga membantu untuk menghilangkan kulit keripik serta jerawat, dan dapat digunakan sebagai lulur untuk kulit yang lebih halus, lebih bercahaya.

Aktivitas antibakteri dari jus lemon bekerja sangat baik untuk mengobati komedo, whiteheads, dan jerawat. Kayu manis meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit sehat dan bersinar. Ini juga mengencangkan pori-pori dan menunda penuaan.

Cara menggunakan

* Teknik 1

  • Campurkan satu bagian kayu manis organik dengan dua bagian madu untuk membentuk pasta.
  • Oleskan lapisan tipis di atas komedo.
  • Biarkan pasta selama setidaknya 15 menit.
  • Bersihkan dengan pembersih alami favorit Anda, dan kemudian tindak lanjuti dengan pelembab.

* Teknik 2

Bahan

  • 1-2 sendok makan bubuk kayu manis
  • 1-2 sendok makan jus lemon

Cara meramu

  • Buat pasta kental dengan mencampur madu dengan bubuk kayu manis.
  • Oleskan ke komedo pada hidung dan bagian lain wajah.
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas.

Aturan pakai

  • Ulangi ini tiga hingga empat kali seminggu.

Pastikan Anda melakukan uji tempel sebelum menggunakan bumbu di wajah Anda untuk mencegah reaksi yang tidak diinginkan.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menenangkan kulit, membersihkan pori-pori, dan juga mengontrol produksi minyak berlebih. Semua ini, pada gilirannya, membantu Anda menyingkirkan komedo, jerawat, dan banyak masalah kulit lainnya.

Lidah buaya juga mengandung asam salisilat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri dan membunuh jerawat dan komedo yang menyebabkan bakteri.

Obat alami ini membantu dalam melembabkan kulit Anda, menjaga kulit terhidrasi, meremajakan dan bersinar. Ini mengandung vitamin A, C, dan E, yang merupakan antioksidan yang menjaga pori-pori kulit bersih dan menghilangkan bintik-bintik gelap.

Caranya ?

Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan jus lemon segar dan oleskan ke wajah yang dibersihkan atau pada area yang terkena. Tunggu selama 20-30 menit dan bilas. Ulangi 2-3 kali seminggu.

Atau.

Bahan

  • Gel lidah buaya segar

Caranya

  • Ekstrak gel segar dari daun lidah buaya dan oleskan ini ke wajah Anda.
  • Biarkan selama sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini setiap hari untuk kulit yang lebih jernih dan lebih halus.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang mencegah bakteri atau mikroba yang terperangkap di pori-pori kulit dan dengan demikian membersihkan kulit.

Obat alami penghilang komedo ini juga memiliki asam asetat dan asam yang membantu memecah penumpukan yang keras di kulit Anda dan dengan demikian menghilangkan komedo.

Juga menyeimbangkan tingkat pH di kulit yang pada gilirannya mengurangi kelebihan minyak dan bertindak sebagai toner sempurna untuk menghilangkan komedo.

Selain itu, cuka sari apel bertindak sebagai detoxifier alami yang membuat kulit Anda bebas dari debu, efek radikal bebas dan racun berbahaya lainnya yang menyebabkan komedo.

Langkah-langkahnya

Langkah 1

  • Tuang cuka sari apel organik ke dalam mangkuk kecil.
  • Celupkan bola kapas bersih dalam cuka ini dan oleskan pada bagian kulit yang terkena
  • komedo, terutama pada hidung.
  • Biarkan selama beberapa menit dan bilas area dengan air hangat.
  • Keringkan dan ulangi proses yang sama 2 – 3 kali sehari sampai Anda mendapatkan bantuan dari komedo.

Langkah 2

  • Campur 1 sendok makan ACV dan 1 sendok teh madu dalam 1 gelas air matang.
  • Aduk rata dan minum air ACV ini untuk mendapatkan bantuan dari komedo.
  • Asupan teratur dari minuman ACV ini membantu banyak dalam mengurangi komedo dan bekerja sebagai keajaiban bagi orang-orang dengan kulit berminyak.

6. Madu

Selanjutnya ialah madu. Madu telah digunakan secara medis sejak berabad-abad. Manfaatnya banyak, dan sifat antibakterinya diketahui bermanfaat untuk mengatasi komedo di wajah.

Tidak hanya itu, madu juga adalah antibiotik alami yang menarik kotoran dari pori-pori kulit dan membersihkan komedo.

Hal ini dikenal untuk menjaga wajah Anda terhidrasi dan kulit yang cerah.
Obat rumah yang terbuat dari madu secara alami akan mengupas komedo dan menenangkan daerah yang terkena. Ia bekerja seperti pelembab dan menambah kilau.

Caranya ?

  • Tuangkan madu di tangan Anda.
  • Selanjutnya, oleskan madu pada kulit Anda, terutama pada area yang terkena komedo.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Ambil handuk hangat yang lembut dan gosok kulit Anda dengan lembut selama 10 menit.
  • Cuci muka Anda dengan air hangat dan kemudian lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori Anda.

7. Susu

Susu mentah, kaya akan vitamin B, asam alfa hidroksi, kalsium, dan antioksidan kuat lainnya, memiliki banyak manfaat kulit! Ini akan menyehatkan sel-sel kulit dari dalam dan menjaga kulit lembab sepanjang hari.

Tidak hanya itu, susu mengandung asam laktat, yang merupakan bentuk asam alfa hidroksi (AHA), bahan yang sama dalam eksfolian kimia kelas atas. AHA bekerja untuk mengurangi keriput dan meningkatkan kolagen sambil merapikan kulit secara keseluruhan — tanpa mengiritasi kulit dengan pengelupas kulit kasar.

Asam laktat pada susu ampuh memecah sel-sel mati di permukaan kulit dan membantu menghilangkan komedo.

Caranya ?

Bahan

  • Susu mentah
  • 1 sendok teh bubuk pala (opsional)

Cara meramu

  • Oleskan susu ke area yang terkena blackhead dan gosok dengan lembut.
  • Bilas dengan air hangat.

Aturan pakai

  • Lakukan ini setiap hari sampai Anda menyingkirkan komedo.

Untuk mengembalikan sel-sel kulit baru dan membersihkan kulit secara alami, ambil 2 sendok makan susu, 1 sendok bubuk kunyit dan ‘sendok makan jus lemon.

Campurkan tiga bahan dan menerapkannya pada wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Ini akan membantu mendapatkan kulit bersinar dan halus sambil membersihkan sel-sel mati.

8. Lemon

Lemon memiliki manfaat besar bagi kulit Anda. Buah ini dapat digunakan sebagai untuk pengelupasan kulit, pengangkatan komedo, bantuan sinar matahari, bekas luka atau pencegahan bintik-bintik gelap, dan pencerahan kulit.

Sifat asam dan minyak alami pada lemon membantu mengelupas kulit dengan lembut dan membersihkan kulit berminyak dan mencegah infeksi bakteri. Ini menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lainnya dengan penetrasi yang dalam, sehingga meningkatkan warna kulit.

Lemon juga mengurangi sifat berminyak dan memelihara dan mencerahkan kulit kulit untuk tidak hanya menghilangkan komedo tetapi juga membersihkan jerawat, bekas jerawat, noda, bintik-bintik, dan bintik-bintik gelap.

  • Asam alfa-hidroksi secara alami mencegah jerawat, komedo, jerawat, atau masalah kulit lainnya dari pembentukan.
  • Asam sitrat dan zat astringen alami membantu mengencangkan pori-pori yang menghilangkan dan mencegah komedo.

Cara menggunakan lemon untuk mengatasi komedo

Bahan

  • Jus lemon
  • Bola kapas
  • Air

Cara meramu

  • Kumpulkan jus yang baru diekstrak dalam mangkuk kecil.
  • Encerkan dengan sedikit air.
  • Oleskan langsung ke kulit yang terkena dengan bola kapas.
  • Biarkan mengering secara alami.
  • Cuci bersih dengan lembut menggosoknya.
  • Ulangi 2 – 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

Catatan : Terpakan jus lemon langsung tanpa pengenceran pada kulit menyebabkan iritasi, gatal, dan kemerahan, terutama dengan kulit sensitif.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bekerja sangat baik untuk menghilangkan komedo. Ini terdiri dari asam laurat, agen antimikroba yang diuji secara ekstensif.

Selain dari bahan-bahan ini, minyak kelapa juga memelihara kulit dan membantu dengan cepat dan mudah menghilangkan sel-sel kulit mati.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biomaterial menemukan bahwa asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa menunjukkan aktivitas bakteri terkuat terhadap jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

Komponen minyak kelapa lain yang luar biasa, asam kaprat, adalah agen anti-mikroba ajaib yang membuat berbagai jenis bakteri, virus dan jamur di teluk.

Asam kaprat juga membantu mengunci kelembaban di dalam kulit, menjaganya agar tetap lembut dan lentur.

Sebagai sumber alami anti oksidan alami, minyak kelapa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya dan radiasi UV. Itu membuat minyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit dari pengoksidasi, menjaga kulit bebas dari jerawat dan komedo yang mengganggu.

Caranya ?

Bahan

  • Beberapa tetes minyak kelapa organik

Cara meramu

  • Oleskan minyak kelapa pada area yang terkena dan pijat dengan baik.
  • Biarkan pada karena akan secara alami diserap ke dalam kulit.

Aturan pakai

  • Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.

Cara lain

  • Tuang satu sendok teh penuh minyak kelapa di telapak tangan Anda dan dengan lembut, gerakan melingkar dari jari-jari tangan Anda yang lain, mulailah menerapkan minyak kelapa di atas wajah Anda. Hindari kulit dekat mulut dan sekitar mata.
  • Pijat minyak pada wajah Anda secara menyeluruh untuk memungkinkannya meresap.
  • Setelah itu, bersihkan wajah dengan sabun yang diproses dingin sehingga minyak dibilas sepenuhnya tanpa meninggalkan residu apa pun.

10. Oatmeal

Oatmeal lebih dari sekedar sereal sarapan populer. Gandum kaya nutrisi ini aman dan efektif pada sejumlah kondisi kulit, termasuk komedo dan kulit sensitif dan teriritasi.

Ia bekerja sebagai pembersih alami yang lembut dan eksfoliant, melonggarkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan komedo.

Ini juga mengandung antioksidan kuat dan beberapa sifat anti-inflamasi juga. Ini menenangkan iritasi, mengangkat sel kulit mati, dan menyerap minyak berlebih untuk membantu mencerahkan kulit.

  • Saponin yang ada di oatmeal menyedot akumulasi kotoran, kotoran dan sel kulit mati dari dalam pori-pori kulit yang mengarah pada pembentukan komedo.
  • Sifat abrasif ringan dari oatmeal kering mengelupas kotoran pada kulit tanpa merusak kulit.
  • Ia bekerja sebagai penyerap alami yang menyerap kelebihan minyak dari wajah yang pada gilirannya membantu mengurangi jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya yang berhubungan dengan kulit berminyak.
  • Sifat anti-inflamasi oatmeal membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh komedo dan jerawat.

Caranya ?

Produk oatmeal pertama yang dapat Anda buat untuk menghilangkan komedo adalah masker oatmeal yang hampir mirip dengan masker wajah lainnya untuk komedo.

Untuk membuat masker ini, campur 4 sendok makan air hangat dan 3 sendok makan oatmeal sampai pucat. Kemudian oleskan scrub ke wajah Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit. Bersihkan dengan air bersih.

11. Teh Hijau

Vitamin dan antioksidan dalam teh hijau membantu memecah kelebihan minyak dan mengurangi peradangan pada kulit yang rentan jerawat, serta untuk membantu melindunginya dari kerusakan di masa depan.

Teh hijau adalah agen antibakteri yang kuat untuk mengobati jerawat dan pori-pori yang tidak tersumbat.

Polifenol dalam teh hijau merusak membran bakteri dan melawan infeksi, yang berarti bahwa itu adalah alat yang berguna untuk mengobati pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Ini membantu membunuh peradangan bakteri sistemik untuk kulit halus dan kencang.

Teh hijau penuh dengan Vitamin B2 dan Vitamin E, keduanya penting untuk pemeliharaan kesehatan kulit.

B2 memainkan peran penting dalam mempertahankan tingkat kolagen untuk struktur kulit dan kekencangan kulit yang muda. Vitamin E mendukung pertumbuhan sel kulit baru dan juga bertindak sebagai hydrator intens untuk kulit yang lembut dan bernutrisi.

Caranya ?

Bahan

  • 1 sendok teh daun teh hijau kering
  • Air

Cara

  • Campurkan daun teh dengan air untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta ini di wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat, keringkan dan melembabkan.

Aturan pakai

  • Ulangi sekali setiap minggu atau sesuai kebutuhan.

12. Air Garam

Cara yang lambat, tetapi efektif untuk menghilangkan komedo adalah dengan mencuci area yang terkena dengan air garam secara teratur. Ini akan membantu secara bertahap menghilangkan kelebihan minyak di area tersebut. Air garam juga memiliki sifat antibakteri ringan.

Caranya ?

Bahan

  • 1-2 sendok makan garam
  • Air

Cara

  • Campurkan garam secara menyeluruh ke dalam air dan bersihkan wajah Anda dengan air ini.

Aturan pakai

  • Cuci muka dengan air ini beberapa kali sehari.

13. Pasta Gigi

Pasta gigi mint dianggap sangat membantu dalam membersihkan komedo. Mint dalam pasta gigi akan membuka pori-pori yang tersumbat dan juga membunuh bakteri yang mungkin ada.

Pasta gigi mengandung bahan seperti triclosan, alkohol, mentol, hidrogen peroksida dan baking soda, antara lain yang dapat mengeringkan kulit.

Triclosan, bahan aktif yang ditemukan dalam banyak produk kamar mandi, adalah agen antibakteri yang sangat efektif untuk mengeringkan minyak berlebih di pori-pori.

Oleskan pasta gigi langsung dari tabung, atau campurkan dengan garam atau hidrogen peroksida untuk memicu bahan aktif. Hindari produk pasta gigi yang memiliki zat pemutih gigi seperti pemutih yang dapat membakar kulit Anda.

14. Kunyit

Sumber : https://www.fabhow.com/turmeric-masks-for-acne.html

“Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-radang,” kata Dr. Dane.

Kunyit sangat efektif dalam mengobati dan mencegah komedo dan jerawat. Ini menghilangkan kelebihan minyak dan membuka pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat dan komedo. Sifat anti-radangnya mengurangi peradangan dan properti anti-bakteri membunuh komedo yang menyebabkan bakteri.

Caranya ?

Campur 1 sendok makan kunyit dengan susu dan 1 sendok makan madu dan buat pasta halus. Oleskan ke area yang terkena dan berikan pijatan lembut selama 3-5 menit.

Bilas setelah 10-15 menit. Ulangi untuk setiap hari atau 2-3 kali seminggu. Masker ini juga akan memberi Anda efek pencerah kulit dan cahaya alami.

Cara lainnya

Untuk menggunakan kunyit sebagai penghilang komedo, ambil satu sendok makan kunyit dan campurkan dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuk pasta, oleskan pasta ke wajah Anda dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya.

15. Strawberry

Stroberi penuh dengan zat yang disebut ‘alpha hydroxy acid’. Asam-asam ini sangat bagus untuk menghilangkan komedo karena mereka mengontrol produksi minyak, serta menghilangkan kulit wajah yang mati. Lulur ini tidak hanya menghilangkan komedo Anda saat ini tetapi juga mencegah yang baru terbentuk.

Buah yang enak ini juga kaya vitamin C, yang meningkatkan kekeringan kulit dan melembabkan.

Buat masker scrub dengan 1 sendok teh madu, 3 stroberi matang, dan 1/2 sendok teh jus lemon. Selama 3 menit berikutnya, gosok lembut kulit wajah Anda dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air hangat, tepuk, lalu bilas lagi dengan air dingin dan tepuk sampai kering.

Cara lainnya :

Bahan

  • 1 stroberi
  • 1/2 sendok teh madu
  • 1/2 sendok teh jus lemon

Caranya

  • Hancurkan stroberi dan tambahkan madu dan jus lemon ke dalamnya.
  • Aduk rata untuk membuat pasta kasar.
  • Oleskan pasta ini pada kulit dan biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

Aturan

  • Terapkan ini setiap beberapa hari sekali.

16. Fenugreek

Fenugreek sangat bermanfaat untuk tubuh, baik melalui aplikasi topikal atau konsumsi oral. Ini terdiri dari antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi dan emolien. Ini secara efisien membersihkan komedo dan whiteheads dari kulit Anda.

Fenugreek juga dikenal sebagai antiseptik, yang membuatnya bagus untuk perawatan jerawat, racun dan kotoran yang menyebabkan jerawat dapat dengan mudah disembuhkan oleh ramuan ini, itulah mengapa sangat bagus untuk membersihkan komedo.

Cara menggunakannya :

  • 1 cangkir daun fenugreek segar
  • Air

Caranya

  • Giling daun fenugreek dengan air secukupnya untuk membuat pasta halus.
  • Oleskan selapis tipis pasta pada area yang terkena dan biarkan.
  • Bilas setelah 10 menit dengan air hangat.
  • Tepuk kering dan gunakan pelembab.

Anda juga dapat menggunakan biji fenugreek sebagai pengganti daun segar untuk membuat pasta.

Aturan pakai

  • Gunakan paket wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

17. Tomat

Tomat memiliki sifat antibakteri alami yang mengeringkan komedo. Ini juga mengandung lycopene yang memberikan efek antioksidan yang kuat pada kulit dan menghilangkan semua radikal bebas penyebab kerusakan.

Sedikit bersifat asam, tomat mengandung isi potasium dan vitamin C yang tinggi; ini mengubah kulit kusam dan mengembalikan cahaya ke kulit.

Tomat juga memiliki likopen, yang merupakan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Terlepas dari ini, itu membantu mengobati masalah kulit yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari sehingga menjadikannya peremajaan kulit yang hebat.

Karena sifat astringen mereka, tomat membantu mengurangi sebum berlebih pada permukaan kulit yang mencegah pembentukan minyak, yang selanjutnya mengurangi kemungkinan komedo dan komedo putih.

Karena mereka memiliki sifat mengecilkan pori dan membantu mengencangkan kulit, kemungkinan jerawat dan jerawat juga sangat berkurang. Ini menjadikan tomat sebagai bahan serbaguna dan populer untuk kondisi kulit yang bermasalah.

Cara menggunakan tomat untuk komedo

Bahan

  • Tomat kecil

Caranya ?

  • Ambil tomat, kupas dan hancurkan, dan gunakan di atas komedo sebelum tidur.
  • Biarkan semalam dan kemudian bersihkan dengan air bersih di pagi hari.

Aturan pakai

  • Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

18. Masker Spirulina

Spirulina sangat tinggi protein, nutrisi, zat besi dan antioksidan.

Spirulina digunakan sebagai suplemen makanan dan bahkan makanan utuh. Suplemen ini tersedia dalam bentuk tablet, bubuk, dll.

Ahli nutrisi sekarang menggembar-gemborkannya sebagai “makanan super” karena manfaatnya yang luar biasa seperti kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan, menyediakan energi, melawan alergi dll. Suplemen ini juga memiliki kulit yang luar biasa.

Spirulina juga kaya fitonutrien dan karotenoid – antioksidan yang dapat membantu mempertahankan kulit dan tubuh Anda dari radikal bebas.

Sifat anti-inflamasi Spirulina membantu mengurangi pembengkakan, jerawat dan mencegah jerawat lebih lanjut juga. Ini meningkatkan metabolisme kulit Anda yang memungkinkan penyembuhan lebih cepat dan juga mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Caranya ?

Anda bisa menggunakannya sebagai masker spirulina untuk wajah. Masker spirulina dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Juga dapat memiliki efek menenangkan dan menenangkan (bagus untuk rosacea dan kulit sensitif).

Bahan

  • 2 sendok makan putih telur ( telur ayam kampung )
  • 2 atau 3 kapsul spirulina
  • 1 koas masker
  • 1 sendok makan untuk mengaduk
  • Mangkuk, pisin atau piring kecil untuk mengaduk

Cara membuat masker spirulina

  • Tuangkan 2 butir kapsul spirulina ke mangkok kecil
  • Campurkan dengan 2 atau 3 sendok makan putih telur ke dalam mangkok yang sudah dituangkan spirulina
  • Aduk hingga rata, hingga terlihat kental seperti gel
  • Jika sudah seperti gel, maskper spirulina siap Anda gunakan, pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih, gunakan kaus masker agar hasilnya merata
  • Anda bisa dengan tanpa menggunakan putih telur dan juga tanpa menggunakan koas.

Sumber : http://manfaatspirulina.web.id/101-manfaat-spirulina-masker/

19. Minyak Jarak

Minyak jarak digunakan secara luas di India dan Afrika untuk sifat pembersihannya. Ini menyerap kotoran kulit dan membersihkan puing-puing sel mati yang menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan komedo.

Minyak jarak mengandung vitamin E, protein dan Omega 6 & 9 yang merupakan komponen kunci yang bertanggung jawab untuk rambut dan kulit yang baik.

Asam lemak esensial yang dikandung minyak jarak dapat membantu memulihkan keseimbangan kelembaban alami kulit. Oleskan minyak jarak dengan lembut di wajah Anda dan pijat dengan gerakan memutar.

Minyak jarak dan asam ricinoleic dianggap meningkatkan penyerapan di kulit dan kadang-kadang digunakan dalam perawatan berbagai kondisi kulit, termasuk dermatosis, psoriasis dan jerawat.

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi dari minyak jarak membuatnya berguna dalam mengurangi jerawat. Asam rinosinat dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Minyak jarak memiliki skor komedogenik yang rendah. Ini berarti tidak mungkin menyumbat pori-pori di kulit dan mengurangi risiko mengembangkan komedo , sehingga cocok untuk digunakan pada kulit sensitif.

Cara menggunakan minyak jarak untuk mengatasi komedo

Bahan

  • Beberapa tetes minyak jarak
  • Oleskan minyak kastor tipis pada wajah yang bersih dan pijat selama satu atau dua menit.
  • Biarkan.

Aturan pakai

  • Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

20. Minyak Jojoba

Minyak jojoba (diucapkan ho-ho-ba) adalah cairan yang berasal dari benih tanaman Simmondsia chinensis (jojoba), yang merupakan semak asli di Arizona selatan, California selatan dan barat laut Meksiko.

Meskipun disebut minyak, sebenarnya lilin cair dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk sejumlah penyakit.

Minyak jojoba merupakan minyak esensial yang sangat mirip dengan minyak alami kulit. Ketika diterapkan, itu mengurangi produksi sebum berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Ini membuka pori-pori dan membantu Anda menyingkirkan komedo.

Caranya ?

  • Oleskan empat hingga enam tetes di pagi hari dan malam sebelum tidur.

Bahan

  • Beberapa tetes minyak jojoba

Cara mengolahnya

  • Bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan.
  • Pijat minyak jojoba pada kulit selama beberapa menit. Biarkan selama 5-10 menit.
  • Bilas dengan air hangat lagi.

Anda dapat menambahkan setetes atau dua minyak pohon teh ke ini juga.

Aturan pakai

  • Lakukan ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Terimakasih, semoga membantu 🙂

Sumber : Google.com

Posted by Berbagai Manfaat Spirulina Yang Wajib Kamu Ketahui

Please follow and like us:

One thought

  1. Mau coba ah menghilangkan komedo dengan putih telur yang dicampur dengan sesendok madu. Sekalian supaya kulit wajah makin halus dan bersinar. oooh baru ngeh kalau baking soda juga bisa membantu menghilangkan komedo 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *