Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan

Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan


Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan

Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan – Selain banyak digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan wajah berjerawat, bopeng dan wajah berminyak. Spirulina juga sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dari anemia, stroke, hingga kanker.

Tidak hanya itu, manfaat spirulina juga saat ini diketahui dapat membantu menambah berat badan atau menggemukkan badan, namun, benarkah demikian ? Mitos atau fakta ?

Penasaran ? Lanjutkan membaca.

Dinamakan sebagai salah satu makanan super pertama di dunia karena banyak manfaatnya. Spirulina adalah ganggang biru-hijau tidak beracun yang mengandung sumber phycocyanobilin (antioksidan kuat dan anti-inflamasi).

Spirulina sudah lama digunakan oleh suku Aztec sebagai sumber makanan karena kandungan nutrisi yang kuat. Spirulina umumnya ditemukan dalam beberapa bentuk seperti tablet, bubuk halus, serpih, dan pil atau kapsul.

Dilihat dari kandungannya sendiri, spirulina ini mengandung :

  • Protein | 50-70% berat bioavailable, mudah dicerna protein. Per 100g mengandung 57g protein.
  • Asam amino | mengandung semua asam amino, termasuk asam amino esensial, menjadikannya protein lengkap.
  • Lemak sehat | sebagian besar dalam bentuk asam lemak tak jenuh ganda.
  • Omega-3 asam lemak | asam linolenat, 0,8 g / 100g
  • Omega-6 asam lemak | asam linoleat, GLA 1.2g / 100g
  • Vitamin B12 | Bentuk B12 yang ditemukan dalam spirulina adalah psuedovitamin B12, oleh karena itu bukan sumber B12 yang dapat diandalkan untuk manusia karena tidak aktif. B12 dianggap analog, yang tidak memiliki bioavailabilitas yang sama dengan sumber hewani B12.
  • Vitamin A, D, K, E
  • Vitamin B | B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), asam folat, B5
  • Antioksidan | carotenoids} beta-carotene, lutein, zeaxanthin, cryptoxanthin

Klorofil

Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan

  • Tembaga | 6 / 1mg / 100g
  • Besi | 28mg / 100g
  • Magnesium | 195mg / 100g
  • Potassium | 1.3g / 100g
  • Mangan | 1,9mg / 100g
  • Seng | 2mg / 100g

Bagaimana spirulina bisa menggemukan badan ?

Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan
Sumber : https://www.wikihow.com/Plan-a-Weight-Gain-Diet-Cheaply

Protein dapat membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan membantu Anda membangun otot yang akan meningkatkan kalori tubuh Anda.

Sebuah studi 2012 di Journal of American Medical Association menemukan bahwa meskipun kalori memainkan peran yang lebih besar dalam penambahan berat badan, protein juga berperan.

Peneliti membagi individu yang sehat menjadi tiga kelompok dan menambahkan 1.000 kalori ke makanan mereka, tetapi dengan berbagai tingkat protein.

Mereka yang mengonsumsi paling sedikit protein memperoleh jumlah berat yang paling sedikit, tetapi mereka juga kehilangan massa otot dan menyimpan lebih dari 90 persen kalori ekstra sebagai lemak.

Dua kelompok lainnya, yang memakan jumlah protein tinggi dan normal, mengalami kenaikan berat badan yang sama, dan memperoleh lebih banyak daripada kelompok rendah protein.

Rumor spirulina yang menyebabkan kenaikan berat badan bisa disebabkan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Nutrisi dan Metabolisme Wawasan pada tahun 2011.

Dalam penelitian ini, orang dewasa terinfeksi HIV yang kekurangan gizi diberikan suplemen spirulina untuk membantu meningkatkan status gizi mereka, yang menyebabkan peningkatan berat badan dan Indeks massa tubuh. Itu tidak berarti bahwa spirulina akan menyebabkan kenaikan lemak jika Anda tidak kekurangan gizi.

Kandungan protein alami dalam spirulina dapat membantu membangun massa otot dan mempertahankan berat badan. Bubuk spirulina ini dapat membantu mengatasi kelelahan karena vitamin B dan asam lemak esensial dapat meningkatkan tingkat energi.

Klorofil yang terdapat dalam spirulina akan memberikan perlindungan antioksidan yang efektif. Spirulina juga menyediakan 18 jenis asam amino yang berbeda. Jadi jenis ganggang ini sangat aman dan menyebabkan penambahan berat badan secara efektif.

Mengingat profil gizinya yang tinggi, para ilmuwan yang meneliti kekurangan gizi menunjukkan minat pada Spirulina.

Sumber : https://www.insideoutnutrition.ie/stress-induced-weight-gain-cortisol/

Beberapa penelitian telah melihat efek suplementasi di antara populasi yang kekurangan gizi, termasuk wanita hamil anemia dan anak-anak di negara berkembang dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, menurut ulasan 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of International Medical Research.

Salah satu penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam Nutrisi Ibu dan Anak pada tahun 2016, melibatkan 87 anak-anak yang kekurangan gizi dan anemia di bawah usia 5 tahun dari Gaza.

Peneliti memberi setengah anak-anak suplemen vitamin dan mineral dan setengah suplemen Spirulina selama tiga bulan.

Anak-anak yang menerima Spirulina melihat secara signifikan lebih banyak peningkatan berat badan dan tinggi badan, kadar ferritin dan zat besi dan volume hemoglobin dibandingkan pada anak-anak yang menerima suplemen vitamin dan mineral secara teratur.


Sumber : http://manfaatspirulina.web.id/kandungan-spirulina/

Asam amino pada spirulina memiliki potensi untuk menyebabkan kenaikan berat badan. Asam amino berbeda dari karbohidrat dan lemak karena mereka penting untuk membangun setiap bagian tubuh Anda, mulai dari otot dan kulit hingga darah dan organ.

Seng dalam spirulina. Penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan dikaitkan dengan defisiensi seng, sehingga dapat dimengerti bahwa meningkatkan kadar seng membantu orang-orang ini menambah berat badan.

Beberapa penelitian yang menunjukkan potensi seng untuk meningkatkan berat badan melibatkan orang-orang dengan masalah medis dan mereka yang menderita kekurangan gizi – bukan individu yang sehat.

Suplemen zinc mungkin juga bermanfaat untuk penambahan berat badan pada orang yang menderita anoreksia, menurut penelitian klasik yang diterbitkan di Acta Psychiatrica Scandinavica, dan Studi klasik yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mencatat bahwa suplemen seng membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak dengan gizi buruk.

Kalium dalam spirulina. Kalium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membangun protein dan otot, memecah dan menggunakan karbohidrat, menjaga keseimbangan asam-basa dan mengontrol aktivitas listrik jantung Anda.

Magnesium pada spirlulina. Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam lebih dari 300 fungsi dalam tubuh Anda. Mendapatkan kadar magnesium yang memadai sebenarnya mendukung berat badan yang sehat, tingkat energi yang tinggi dan tulang yang kuat.

Magnesium membantu tubuh Anda dalam reaksi kimia yang mendukung operasi otot dan saraf, mengontrol kadar glukosa darah Anda, pengaturan tekanan darah dan sintesis protein, penting untuk perkembangan otot.


Tidak hanya dapat membantu menambah berat badan, spirulina juga diketahui memiliki sejumlah manfaat lain, diantaranya :

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke. Kabar baiknya adalah bahwa spirulina sebenarnya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam studi yang disebutkan sebelumnya dari Yunani , Meksiko (2007) dan Meksiko (2009) disarankan bahwa spirulina membantu mengurangi tekanan darah.

Meningkatkan energi

Spirulina tidak hanya bagus dalam mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga tampaknya meningkatkan tingkat energi. Ini ada hubungannya dengan struktur kimia zat yang mampu meningkatkan kemampuan mitokondria untuk menggunakan energi.

Menurunkan kolesterol

Studi telah membuktikan bahwa spirulina menurunkan tingkat risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah pengerasan arteri yang berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi.

Mengurangi keracunan radiasi

Spirulina dapat membantu korban keracunan radiasi karena kemampuannya untuk mengikat racun. Studi pada anak-anak telah membuktikan bahwa spirulina dapat membantu dengan keracunan radiasi.

Memperkuat tulang

Spirulina telah terbukti melestarikan dan menguatkan tulang. Ini menjadikannya suplemen yang ideal untuk orang tua yang ikatannya cenderung menjadi rapuh saat mereka semakin tua.

Hal ini terutama disebabkan oleh jumlah kalsium yang tinggi yang ditemukan dalam spirulina. Spirulina telah terbukti meningkatkan kepadatan mineral yang terkandung dalam tulang.

Memastikan kulit sehat

Salah satu alasan bahwa spirulina baik untuk kesehatan kulit adalah karena tingginya jumlah antioksidan yang ada dalam spirulina.

Ketika tubuh semakin tua, ia kehilangan kemampuannya untuk menghadapi radikal bebas. Spirulina adalah sumber eksternal yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Spirulina akan menghilangkan semua radikal bebas yang mengancam kesehatan kulit Anda. Spirulina baik untuk meningkatkan metabolisme kulit dan akan membantu dalam mengatasi bayangan gelap di bawah mata dan semua jenis penyakit kulit.

Ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk hidup, kulit yang sehat, termasuk sejumlah besar vitamin B kompleks.

Spirulina mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin B-12, kalsium, fosfor, dan zat besi. Semua ini penting untuk kulit yang sehat.

Membantu hati / liver

Spirulina dapat membantu hati untuk melawan banyak infeksi dan penyakit. Orang dengan penyakit hati kronis dapat dibantu dengan rezim spirulina setiap hari.

Ini lagi karena kemampuannya yang fantastis untuk mengikat racun. Dalam kaitannya dengan hati, racun yang paling umum disebut tetraklorida, dan spirulina dapat membantu mengikat toksin ini. Ini juga membantu untuk chelate logam berbahaya.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat spirulina ini, baca juga : 101 manfaat spirulina yang wajib Anda ketahui.


Baca juga artikel lainnya :

10 Manfaat Chlorella Untuk Kesehatan Yang WAJIB Anda Ketahui

Manfaat & Cara Memakai Spirulina Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Posted by Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Kebenaran Manfaat Spirulina Untuk Menambah Berat Badan / Menggemukan Badan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *